RINGKASAN MATERI BIOOLOGI

RINGKASAN MATERI BIOLOGI


Ø Untuk dasar klasifikasi Carolus Linaeus menggunakan dasar : banyak persaman dan sedikit perbedaan organisme dimasukan dalam satu kelompok.
Ø Bagan reproduksi lumut, yang dimaksud dengan fase sporofit adalah tumbuhan lumut yang menghasilkan spora dari sporangium (kotak spora), protonema adalah perkembangan spora itu sendiri, sedangkan fase gemetofit, adalah tumbuhan lumut yang menghasilkan gamet jantan (anteridium) dan gamet betina (archegonium).
Ø Ciri bakteri sehingga berbeda dengan organisme lain, adalah : merupakan organism,e prokarion (belum bermembran inti), mikroskopik ( sel tunggal), bekembang biak dengan membelah diri, dapat membentuk endospora jika kondisi genting,bersofat saprofit/ parasitik dan merupakan eukariotik heterotrof.
Ø Jamur Aspergillus wentii termauk dalam kelas Deuteromycotina ( belum di ketahui cara perkembangbiakan kawinnya), bermanfaat untuk produksi kecap.
Ø Gerak Tropisme tumbuhan, adalah gerak sebagian tanaman karena adanya rangsang dan gerakannya menuju rangsang,.misalnya gerak pucuk tanaman ke arah cahaya ( fototropisme).gerak akar mencarai nutrisi ( kemotropisme), gerak akar menuju air ( hidrotopisme).
Ø Penyerapan air oleh bulu-bulu akar merupakan proses osmosis yang terus-menerus,untuk diangkut ke daun oleh pembuluh xylem : dipengaruhi 3 faktor utama yaitu tekanan akar, daya kapilaritas dan daya isap daun (respirasi).
Ø Fakror pertumbuhan/ perkecambahan tanaman dipengaruhi oleh faktor dalam (internal) misalnya gen dan hormon, sedang factor luar (eksternal) adalah : cahaya, suhu, kelembaban, nutrisi,oksigen.
Ø Sistem peredaran darah pada hewan terbagi atas terbuka dan tertutup. Peredaran darah terbuka adalah cara sederhana dimana darah langsung ke jaringan tubuh tanpa melalui jantung dan pembuluh, meliputi: hewan amoeba, planaria, hydra,belalang. Sedangkan system peredaran darah tertutup,adalah cara lebih maju darah mengalir lewat jantung danpembuluh seperti vena, aorta, dan kapiler.Peredaran ini terbagi atas tunggal dan ganda, Peredaran tunggal di mana darah hanya 1X melewati jantung, meliputi cacing tanah (Annelida), ikan ( pisces), sedang peredaran ganda, melewati jantung 2 X .meliputi : hewan tingkat reptil(kadal), ampibia (katak), aves (burung) dan mammalia (manuasia).
Ø Udaran Respirasi meliputi :udara pernafasan, adalah udara yang digunakan untuk respirasi aktifitas normal,, udara cadangan ekspirasi, adalah udara yang digunakan untuk ekspirasi maksimal , udara cadangan inspirasi, adalah udara yang masih dapat digunakan untuk cadangan dinspirasi ( biasanya di gunakan untuk aktifitas para atlit),  udara residu adalah udara yang tidak digunakan, sedangkan udara kapasitas total adalah meliputi kesemuanya di atas.
Ø Misalnya seorang mempuyai kapasitas total 4700 cc, cadangan ekspirasi 1550 cc,udara residu 1000 cc, maka  cadangan inspirasi sebesar 1550 cc Jadi bsarnya udara pernafasan adalah udara kapasitas total dikurangi dengan udara cadagan pernafasan + cadangan inpirasi + udara resodu , maka 4700 cc- 4100 cc = 600 cc.jadi udara pernafasan sebesar 600 cc (ml).
Ø Hormon yang berpengaruh pada implantasi /memelihara janin dalam kandungan adalah hormon estrogen.sedang kehamilan tua  adalah prostaglandin, relaksin dan prolaktin yang digunakan kontraksi saat melahirkan.
Ø Sifat ensim sebagai biokatalisator ( mempercepat reaksi).,meupakan protein fungsional, bekerja bolak-balik, bekerja spesifik ,dipengaruhi suhu dan panas.,ekerja menurunkan energi aktivasi, cara kerja anak kunci -gembok.
Ø Gambar struktur kromosom dan bagian-bagiannya .

Oval:  SENTROMER

                                                                LENGAN

                                                               KROMONEMA


                   KROMOMER(GEN)






Ø Sintesa protein, merupakan pembentukan ensim/ gen oleh ribosom dengan melibatkan nukleus, DNA, RNA duta, RNA tranfer dan ribosom.Hasil sintesa yang berupa asam amino akan transpor ke sitoplasma oleh retikulum endoplasma.
             Langkah sintesa protein adalah :
1.     DNAdi dalam nukleus membuka pilinan  nukleotida, kemudian mencetak RNA duta ( proses ini disebut traskripsi).
2.     RNA duta meninggalkan nukleus menuju sitoplasma, yaitu ke ribosom dengan menbawaq kode genetic(kodon)
3.     RNA tranfer yang telah dibentuk sebelumnya membawa asam-amino (anti kodon) yang sesuai dari sitplasma ke ribosom.
4.     RNA tranfer menterjemahkan kode genetik berupa asam amino – polipeptida ( proses ini disebut translasi)
5.     Terbentuk protein berupa gen atau ensim untuk fungsi metabolism sel.
Ø Mutasi kromosom atau berubahnya jumlah kromosom pada manusia sering mengakibatkan beberapa syndrom , misalnya Syndrom Turnr . Seseorang yang menderita sindom memiliki cirri-ciri : terjadi pengurangan 1kromosom sehingga menjadi 45 kromosom (44A + X),berkelmin wanita tetapi ovarium tidak berkembang,fisik kerdil, dan mengalamim keterbelakangan mental.
Ø Mutasi gen atau berubahnya susunan basa nukeotida menyebabkan beberapa kelainan seperti terjadi kasus Cel sikle anemia.mutasi ini akibat delesi atau pengurangan (-) basa nitrogen, sehingga sama amino yang terbentuk tidak lengkap.yaitu hilangnya valin dan digantikan dengan asam glutamat.
Ø Mutasi akibat mutagen kolkisin menyebabkan buah poliploid (banyak set kromosom), hal ini disebabkan kolkisin menghambat pemisahan kromosom saat mitosis.
Ø Pada percobaan Stanly Miller, prinsip kerjanya adalah : bejana  terdapat air yang didihkan ( analogi bumi  pada saat itu),diberikan CH4,NH3,H2O,H2 merupakan gas anorganik yang ada pada saat itu, lecutan katoda sebagai pengganti hallintar, hasil reaksi didinginkan dengan kondensor, kemudian zat organik ( asam amino) di tampung dalam jebakan.Kesimpulan Miller adalah asam amino yang merupakan penyusun nukleoplasma merupakan hasil dari reaksi zat-zat organik
Ø Evolusi kimia selanjutnya terbentuk organisme yang ada sekarang ini melalui tahap : PROGENOT – EUGENOT – PRIKARIOTIK – EUKARIOTIK
Ø Bukti evolusi dapat dilihat pada perkembangan  perkembangan embrio (embriologi perbandingan) semua mahluk hidup pada tahap : ZIGOT-MORULLA – BLASTULLA – GASTRULLA.
Ø Pendapat Darwin tentang fosil sebagai bukti evolusi adalah : fosil yang ada dilapisan bumi muda berbeda dengan fosil yang ada dilapisan tua, fosil yang berbeda-beda membuktikan terjadinya perubahan mahluk hudup , organisme yang ada sekarang berasal dari orgainisme masa lampau.
Ø Ciri hutan basah ( Hutan hujan tropis), adalah terletak didaerah tropis, curah hujan antara 200 – 450 cm/tahun, pohon tinggi berdaun lebar membentuk kanopi  membentuk iklim mikro,kelembaban tinggi.
Ø Syarat protein sel tunggal, adalah : cepat dikembangkan, murah biayanya, tidak mengenal iklim dalam pengembangbiakannya, kadar protein tinggi > 50 % dan tidak memerlukan lahan luas.
Ø Tujuan pemuliaan hewan dan tumbuhan adalah untuk mencari bibit unggul untuk kesejahteraan manusia di masa sekarang atau mendatang.
Ø Rekayasa genetika (manipulasi gen/ cangkok gen), adalah meliputi langkah : mencari gen yang diinginkan (gen donor), mengekstrak  plasmid bakteri (vector),  ensim retriksi endoklinase dan ensim ligase untuk pencangkokan gen  (Rekombinan gen), disuntikan kembali pada bakteri , dan selanjutnya bakteri dibiakan dengan membawa gen yang diinginkan.











Ø Daur hidup plasmodium  melibatkan 2 buah hospes, yaitu manusia dan nyamuk Anopheles betina :

















Di dalam tubuh nyamuk( fase seksual) : gametocyt yang terisap nyamuk ketika nyamuk mengisap darah manusia yang menderita penyakit malaria akan berubah menjadi mikrogamet (gamet jantan) bentuknya keci dan memanjang dan makrogamet (gamet betina) bentuknya bulat relatif besar.Pertemuan antara mikrogamet dan mankrogamet menghasilkan zigot, kemudian zigot berubah menjadi ookinet di dalam lambung nyamuk, selanjutnya ookinet akan akan menembus dinding lambiung menjadi oocyt dan inti ookikinetnya akan membelah berulang-ulang yang akan berubah menjadi sporozoit-sporozoit, sete;ah matang oosit pecah dan sporizoi menyebar ke dalam tubuh nyamuk, sebagian kekelnjar air ludah.
Di dalam tubuh manusia( fase aseksual) : jika nyamuk betina menggigit maka terlebih dahulu akan mengeluarkan air liurnya yang mengandung zat anti koagulasi ( mencegah pembekuan darah) , bersama air ludah sprozoit akan masuk ke tubuh manusia – sel darah merah – akan berubah menjadi tropozoit (bentuk cincin)- selanjutnya menjadi schizont- melaui pembelahan berulang-ulang schizont akan menghasilkan  6- 36 buah morozoit-yang akan menyerang sel darah merah baru dan berulang mengalami reproduksi vegetatif- membentuk gametocit ( mikrogametosit dan makrogametosit)

Ø Gambar alat wanita, keterangan dan fungsinya :

 
SALURAN TELUR (TUBA FALOPII)
                                                                                     
                                                                                                          UTERUS/RAHIM

                                                                                                          UMBAI-UMBAI
                                                                                                           
                                                                                                      OVARIUM
 
                                                                                      CERVIKS(LEHER RAHIM)

 
                                                                                      VAGINA (LIANG PERANAKAN)

Ø Fungsi : vagina – sebagai alat kelamin luar, jalannya proses pembuahan.
Cerviks – menghubungkan rahim dan vagina.
Ovarium – indung telur terbentuknya ovum
Umbai-umbai – menangkap ovum jika terjadi ovulasi.
Uterus – tempat terjadinya impalntasi embrio/ janin dan berkembangnya janin.
Saluran telur – tempat terjadinya pembuahan ( fertilisasi) atau keluarnya sel telur jika tidak terjadi pembuahan.




Ø   Gambar perbedaan akar monokotil dan dikotil, bagian-bagian, serta  fungsi masing-masing bagian :
        epidermis


                                      korteks
                                         endodermis                                           floem
                                        
                                           xylem                                                        kambium
                                             floem
                                                                                                kambium


  AKAR MONOKOTIL                                       AKAR DIKOTIL


 Fugsi : - epidermis – sebagai jaringanpelindung dan penyerap air dan garam mineral.
-         korteks – sebagai jaringan penguat, respirasi akar.
-         Endodermis – membungkus stele ( xylem, floem dan empulur)
-         Xilem – membawa air dan garam mineral ke daun.
-         Floem – mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke bagian akar.
-         Kambium –keluar membentuk jaringan floem, ke dalam membentuk jaringan xylem
-         Empulur – penyusun bagian jaringan terdalam akar.,

Ø Pada kota A, terdapat  4 orang mempunyai gangguan mental dari 10.000 jiwa.
      Hitunglah :
a.     Berapa frekfensi gen gangguan mental dan gen normal ?
Jawab: misal a = gen gangguan mental, A = gen normal.
                                    Frekfensi gen a = 4/10.000 x 100 % = 0.04.        a2 = V0.04 = 0,2
                                      Maka, frekfensi gen A = 1 – 0,2 = 0,8.
                                      Jadi frekfensi gan gangguan mental = 0,2, dan normal = 0,8.
                   b.Rasio genotipnya.?

                        Jawab : rumus Hardi- Weinberg       A2+2(A.a)+a2 = 1

                                      Maka. 0,82 + 2 (0.8 + 0,2) + 0,2 2
                                                0,64 + 0,32 + 0,04.
                                      Jadi rasio genotip A2 : Aa : aa = 64% : 32 % : 4 %
                                      Karena, jumlah penduduk 10.000, maka  rasio dalam jiwa ,
 AA = 64/100 x 10.000 = 6.400 jiwa normal
 Aa  = 32/100 x 10.000 = 3.200 jiwa         normal carier
 Aa   = 4/100 x 10.000  =    400 jiwa. gangguan mental
b.    Rasio fenotipnya ?
Jawab : AA + Aa : aa = 0,64 + 0,32 : 0.04
                                = 0,96 : 0,04 atau 96 % : 4%
              jadi  rasio normal dan cacat mental = 96% : 4 %.
              Karena jumlah penduduk 10.000, maka rasio dalam jiwa,
AA,Aa = 96/100 x 10.000 = 9.600 jiwa : aa = 4/100 x 10.000 = 400 jiwa. Atau normal
                       
c.      Berapa jiwa yang normal carier.?
Jawab : normal carier bergenotip Aa, maka 2(A.a) = 2 (0,8.0,2)
                                                                        = 0,32 atau 32 %.
     Karena jumlah penduduk 10.000, maka 32/100 x 10.000 =3.200 jiwa.



         


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG 7 K DAN PELAKSANAANNYA

TUGAS PERSONIL SEKOLAH

PEMHASAN KUNCI UN IPA PAKET :C4-44 JAKARTA BARAT