BAGAIMANA CARA BELAJAR YANG EFEKTIF
CARA BELAJAR YANG EFEKTIF.
APA ITU KURIKULUM KBK ?
ü Kurikulum KBK,
adalah singkatan dari Kurikulum berbasis Kompetensi, yang mencakup aspek-aspek
life skill ( pengalaman hidup) : sadar sebagai mahluk Tuhan YME, Thingking skll
( kemampuan berfikir), social skill ( kemampuan social) dan academic skill (
kemampuan akademik).
ü Kompetensi siswa
( oleh BLOOM) dalam hal ini meliputi:
·
PENGETAHUAN/ KOGNITIF ( KNOWLEDGE)
·
SIKAP/ AFEKTIF ( ATTITUDE)
·
PSIKOMOTOIRS/ PRAKTEK ( APPLICATION)
ü Kompetensi Kognitif ( Pengetahuan)
Siswa, mencakup :proses belajar ( berpendapat, bertanya, menjawab),hasil ujian/
ulangan dan nilai tugas. Diukur dengan bentuk angka (10 – 100) sbb:
·
80 – 100 ( BAIK SEKALI)
·
70 – 79 (
BAIK)
·
60 - 69 (
CUKUP)
·
40 - 59
(KURANG)
·
> 39 (
SANGAT KURANG)
ü Kompetensi Afektif
Siswa, mencakup : Kehadiran, respon keaktifan, keaktifantugas, kelengkapan
catatan,diukur dengan nilai ketuntasan dalam bentuk huruf, sbb :
·
A = 90 – 100 (AMAT BAIK)
·
B = 75 – 89 (
BAIK)
·
C = 65 – 74 (
CUKUP)
·
< 65
(KURANG).
ü Kompetensi Psikomotor/
Praktek/ Trampil Siswa, meliputi : praktik/ penerapannya di lapangan.Diukur
dalam bentuk angka 10 –100, sbb :
·
80 – 100 (BAIK SEKALI)
·
70 – 79(BAIK)
·
60 – 69 (CUKUP)
·
> 59 (KURANG)
ü Biasanya nilai
kompetensi ketuntasan setiap mata
pelajaran satu dengan yang lain berbeda.
BAGAIMANA CARA BELAJAR KURIKULUM
KBK (2004) ?
1. Siswa Bersifat
Proaktif.
ü Aktif mengikuti
pelajaran
ü Aktif mengerjakan
tugas-tugas
ü Aktif menggali
informasi
ü Aktif mengajukan pertanyaan
ü Bekerja lebih
cepat dan melakukan lebih banyak dari siswa lainnya
ü Dapat dengan
cepat melihat kesalahan atau kekurangan pada suatu obyek atau situasi
2. Berfikir lentur
(Luwes).
ü Dapat melihat
suatu nasalah dari sudut berbeda
ü Mampu mengubah
cara pemikiran ( tidak kolot)
ü Selalu mempunyai
gagasan .
3. Ketrampilan
menilai (mengevaluasi)
ü Memberi
pertimbangan atas dasar sudut pandang sendiri.
ü Menentukan
pendapat dan bertahan atas pendapatnya
ü Mengukur diri-
sindiri dan teman sekelas.
4. Rasa ingin tahu.
ü Senang menjajaki
buku-buku, peta-peta, gambar- gambar, untuk mencari gagasan baru
ü Menggunakan panca
inderanya untuk mengenal, bereksperimen.
5. Berani mengambil
resiko.
ü Berani
mempertahankan gagasan walaupun penuh kritik
ü Bersedia mengakui
kesalahan-kesalahannya.
ü Berani menerima
tugas yang sulit, meskipun ada kemungkinan gagal
ü Berani mengakui
kegagalan dan berusaha lagi
ü Berani mencoba
hal-hal baru
ü Jujur dan ilmiah.
6. Sifat menghargai.
ü Menghargai hak
diri – sendiri dan orang lain
ü Menghargai
prestasi diri- sendiri dan orang lain
ü Menghargai
kesemnpatan-kesempatan yang diberikan
ü Menghargai
pendapat orang lain ( missal dalam diskusi)
BAGAIMANA CARA BELAJAR YANG SUKSES ?
Ada 6 TIPS :
1. SENANG.
ü Senang mengikuti
pelajaran, tanpa paksaan.
ü Senang dengan
guru/ pembimbing mata pelajaran
2. AKTIF.
ü Kehadiran dalam
kelas/ ke sekolah
ü Kehadiran
mengikuti pelajaran dan memperhatikan materi pelajaran
ü Aktif dalam
mengikuti ujian atau tugas-tugas pelajaran
3. MEMPUNYAI BUKU
PELAJARAN
ü Buku catatan
masing-masing pelajaran, tdak mencampur aduk catatan/ tugas.
ü Buku pegangan
masing-masing pelajaran .
4. AKTIF MENGULANG
PELAJARAN
ü Mengulang lagi di
rumah materi yang telah diajarkan guru, tidak membutuhkan waktu yang lama.
ü Mengerjakan tugas
yang diberikan, untuk membantu mengingat rumus atau konsep .
ü Membaca sekilas
pelajaran yang akan diberikan esok harinya
5. MEMANFAATKAN
WAKTU LUANG.
ü Jika ada
pelajaran kosong/ guru tidak hadir manfaatkan untuk belajar mandiri.
ü Rajin mengunjungi
perpustakaan mencari wawasan / tambahan materi pelajaran.
6. MENGIKUTI
PERKEMBANGAN IPTEK.
ü Dengan membaca
majalah/ surat kabar yang mengupas ilmu
dan teknologi
PIKIRAN BUKANLAH WADAH YANG HARUS
DIISI, MELAINKAN API YANG HARUS DINYALAKAN
(PLUTARCH *
PENULIS BIOGRAFI DAN ESNIS, MENULIS HAMPIR 300 TAHUN LALU)
Komentar
Posting Komentar