ATURAN PEMBUATAN SOAL

Hak cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
1.    LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN SOAL, PEDOMAN  PENSKORAN, CARA PENSKORAN, DAN CARA PERHITUNGAN NILAI

1.      Lihat dan pahami standar kompetensi tingkatan kelas mata pelajaran yang ditagihkan(diujikan).
2.      Tetapkan jumlah indikator di tiap-tiap kompetensi yang akan diujikan.
3.      Tuliskan ke dalam format kompetensi yang akan diuji, indikator, nomor soal, soal,
kunci/kriteria jawaban dalam spesifikasi tes.
4.      Penskoran :
Setiap kriteria jawaban benar diberi skor berdasarkan pedoman penskoran
5.      Cara Penskoran
Pilihan Ganda Setiap jawaban benar diberi skor 1 dan bila salah diberi skor 0.
Uraian Setiap kata kunci yang dijawab benar diberi skor 1 dan bila salah diberi skor 0
Praktik, setiap aspek yang dikerjakan dengan benar diberi skor 1 dan bila salah atau tidak dikerjakan diberi skor 0.
Essay, disekor dengan pedoman sebegai berikut :
6. Cara Perhitungan Nilai
a. Nilai Tes Tertulis
Misal Firman memperoleh skor seperti tertera pada kolom skor perolehan.
Hak cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
2
Nilai pilihan ganda = (Skor Perolehan / Skor Maksimum) x 100 %
= 32/40 x 100 % = 80 %
Nilai uraian = (Skor Perolehan / Skor Maksimum) x 100 %
= 21/27 x 100 % = 78 %
Perbandingan bobot untuk soal pilihan ganda dan uraian adalah 7 : 3.
Nilai tes tertulis = (7/10 x Nilai pilihan ganda) + (3/10 x Nilai uraian)
= (0.7 x 80) + (0.3 x 78)
= 56 %+ 23 %
= 79 %
b. Nilai Tes Praktik
Misal pada tes Praktik (soal nomor 1) dengan skor maksimum 8, Firman dapat
melakukan 6 perintah dengan benar. Skor yang diperoleh Firman adalah 6.
Nilai tes Praktik = (Skor Perolehan / Skor Maksimum) x 100 %
= 6/8 x 100 %
= 75 %
c. Nilai Tes Essay (Mengarang) :
Misal Firman memperoleh skor seperti tertera pada kolom skor perolehan.
Skor nilai tes mengarang yang diperoleh Firman adalah 13:
Nilai tes mengarang = Skor Perolehan/Skor Maksimum x 100 %
= 13/15 x 100 %
= 87 %
Perbandingan bobot untuk tes tertulis dan tes mengarang adalah 6 : 4.
Nilai Akhir = (6/10 x Nilai tes tertulis) + (4/10 x Nilai tes mengarang)
Hak cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
3
= (0.6 x 79) + (0.4 x 87)
= 47+ 35
= 82 %
A. CONTOH SOAL MATA PELAJARAN FISIKA
1. Bentuk Tes : Tes Uraian
Kompetensi yang diuji :
Menerapkan rumus-rumus GGL induksi untuk menghitung atau menjelaskan beberapa
produk teknologi terkait.
Indikator :
Siswa dapat menggunakan rumus transformator untuk menentukan besaran-besaran yang
belum diketahui saat transformator digunakan.
Uraian Soal :
Sebuah komputer memerlukan tegangan 9 volt dari saluran 120 volt dengan menggunakan
transformator ideal.
Diketahui kumparan primer 480 lilitan dan arus yang diterima trafo 0,12 mA.
Tentukan:
a. Jumlah lilitan sekunder!
b. Kuat arus yang mengalir pada komputer!
Pedoman Penyekoran
:
2. Bentuk Tes : Tes Pilihan Ganda
Kompetensi yang diuji :
Menunjukkan karakter dioda semikonduktor dan merangkaikan
sebagai komponen pada rangkaian penyearah.
Indikator :
Siswa dapat menentukan karakter sifat fisis dioda semikonduktor.
Hak cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
4
Uraian Soal :
Pernyataan yang benar untuk diode semikonduktor yaitu ...
1. bila diberi tegangan maju, mengalirkan arus dengan baik;
2. bila diber tegangan mundur yang besar, terjadi breakdown;
3. pada dioda tidak berlaku hukum Ohm;
4. dioda semikonduktor dipakai pada rangkaian penyearah arus.
Pilihan Jawaban :
Penyearah yang benar untuk dioda semikonduktor adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1 dan 3 saja
D. 2 dan 4 saja
E. 1, 2, 3 dan 4
Kunci : E
3. Bentuk Tes : Tes Praktik
Kompetensi yang diuji :
Menggunakan rumus hubungan suhu, kalor dan perpindahan kalor.
Indikator :
Siswa dapat menemukan hubungan kalor (Q) yang diserap suatu zat dengan perubahan suhu
(.T) melalui percobaan (Praktik).
Alat/Bahan :
1. Pembakar bunsen 4. Penjepit kayu 7. Air/Olie
2. Kaki tiga/kasa 5. Termometer 8. Stop watch/jam
3. Statif 6. Gelas Kimia 9. Kertas grafik
Uraian Soal : Menentukan hubungan perubahan suhu dengan kalor yang diserap
A. Persiapan
1. Rangkai alat
2. Tentukan variabel
3. Buatkan tabel data
B. Pelaksanaan
1. Lakukan percobaan
2. Tuliskan data pengamatan pada tebel
3. Buatkan grafik berdasarkan data pada tabel
(Hubungan perubahan suhu dengan kalor yang diserap)
C. Hasil percobaan
1. Tuliskan kesimpulan percobaan
2. Bandingkan hasil percobaan (No. C1) dengan data literatur
Pedoman Penyekoran :
Hak cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
5
Hak cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
6
B. CONTOH SOAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Kompetensi yang diuji : Menulis bermacam-macam karangan ilmiah.
Indikator :
Siswa dapat menulis karangan jenis eksposisi sepanjang ± 200 kata berdasarkan data yang
tersedia berupa tabel, grafik, diagram, peta, atau gambar.
Bentuk Tes : Tes Praktik
Contoh Soal :
Perhatikan tabel berikut. Tabel ini menggambarkan jumlah murid yang tidak mampu yang
akan mendapat bantuan dari pemerintah di tiap provinsi dengan nama Bantuan Khusus Murid
(BKM) untuk periode Januari 2003 – Juni 2003. Provinsi Jawa Tengah terbanyak dan Bangka
Belitung paling sedikit.
Catatan :
SD/SDLB = Sekolah Dasar/Sekolah Dasar Luar Biasa;
SLTP = Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama;
SM = Sekolah Menengah.
Hak cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
7
Tulislah karangan jenis eksposisi sepanjang ± 200 kata berdasarkan informasi yang terdapat
dalam tabel di atas! Tulisan tersebut akan dinilai berdasarkan isi, alur, kosakata, dan
pemakaian kaidah Bahasa Indonesia.
C. CONTOH SOAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
No. Soal : 10
Kompetensi yang diuji : Permainan bola basket
Indikator : Siswa mampu melakukan lempar tangkap/pasing
Bentuk Soal : Praktik
Uraian Soal : Lakukan lempar tangkap berpasangan !
Pedoman Penskoran :
Hak cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
8
No. Soal : 13
Kompetensi yang diuji : Permainan Bola Volly
Indikator : Siswa mampu melakukan service atas dan bawah
Bentuk Soal : Praktik
Uraian Soal : Lakukan service atas dan bawah !
Pedoman Penskoran :
No. Soal : 17
Kompetensi yang diuji : Melakukan permainan sepakbola
Indikator : Siswa mampu menggiring bola dengan rintangan
Bentuk Soal : Praktik
Uraian Soal : Lakukan menggiring bola dengan melewati rintangan sebanyak 7 buah
dengan jarak 20 meter !
Pedoman Penskoran :
D. CONTOH SOAL MATA PELAJARAN SEJARAH
Bentuk soal : Uraian
Bentuk penilaian : Tertulis
No. Soal : 1
Kompetensi yang diuji : Menguraikan kerajaan-kerajaan Indonesia yang bercorak Hindu -
Budha serta aspek-aspek kehidupan di segala bidang.
Indikator : Siswa dapat menyebutkan 4 buku sastra dari zaman kerajaan Kediri.
Uraian Soal : Sebutkan 4 buah buku sastra yang berasal dari zaman kerajaan Kediri!
Hak cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
9
Kunci Jawaban : Diberikan sekor 1 untuk jawaban-jawaban di bawah ini.
No. Soal : 5
Kompetensi yang diuji : Menjelaskan perkembangan IPTEK dan penerapannya dalam
sector industri, pertanian, komunikasi, informasi, dan transportasi di Indonesia.
Indikator : Siswa dapat menyebutkan 4 contoh tindakan ekstensifikasi di bidang
pertanian.
Uraian Soal : Sebutkan 4 contoh tindakan ekstensifikasi pertanian dalam rangka
Revolusi Hijau!
Kunci Jawaban : jika dalam uraian disebutkan hal-hal sebagai berikut :
E. CONTOH SOAL MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM
Hak cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
10
1. Bentuk soal : Uraian
Bentuk penilaian : Tertulis
No. Soal : 4
Kompetensi yang diuji : Memahami syariah Islam tentang pernikahan.
Indikator : Siswa dapat menjelaskan hikmah pernikahan.
Contoh Soal : Jelaskan hikmah pernikahan dalam agama Islam!
Pendoman Penskoran : beri skor 1 jika uraian jawaban mengandung unsur jawaban
yang di bawah ini.
No. Soal : 5
Kompetensi yang diuji : Terbiasa menghindari perilaku sifat-sifat tercela..
Indikator : Siswa dapat menyebutkan bahaya narkotika terhadap diri sendiri.
Uraian Soal : Sebutkan 5 bahaya yang diakibatkan oleh narkotika terhadap diri sendiri?
Pedoman penskoran :
2. Bentuk soal : Praktik
Bentuk penilaian : Pengamatan
No. Soal : 1
Kompetensi yang diuji :
Mampu membaca dengan mengetahui hukum bacaannya, menulis dan memahami ayat
Al’Quran serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Siswa dapat membaca dan mengartikan surat An-Nahl ayat 65 dan 66
Uraian Soal : Bacalah Al-Quran surat An-Nahl ayat 65 dan 66?
Pedoman Penskoran :
Hak cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
11
No. Soal : 2
Kompetensi yang diuji :
Melaksanakan ibadah salat fardu, salat sunat, salat berjamaah, salat Jumat, dan salat jenazah.
Indikator :
Siswa dapat mempraktekkan tatacara melaksanakan salat fardu lima waktu
Uraian Soal : Coba anda praktekkan tatacara melaksanakan salat fardu subuh?
Pedoman Penskoran :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG 7 K DAN PELAKSANAANNYA

TUGAS PERSONIL SEKOLAH

PREDIKSI SOAL BIOLOGI UN IPA 2012