ATURAN PEMBUATAN SOAL
Hak cipta pada Pusat
Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
1.
LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN SOAL, PEDOMAN PENSKORAN, CARA PENSKORAN, DAN CARA
PERHITUNGAN NILAI
1.
Lihat dan pahami standar
kompetensi tingkatan kelas mata pelajaran yang ditagihkan(diujikan).
2.
Tetapkan jumlah indikator di tiap-tiap kompetensi
yang akan diujikan.
3.
Tuliskan ke dalam format kompetensi yang akan
diuji, indikator, nomor soal, soal,
kunci/kriteria jawaban dalam spesifikasi tes.
4.
Penskoran :
Setiap kriteria jawaban benar diberi skor berdasarkan pedoman penskoran
5.
Cara Penskoran
Pilihan
Ganda Setiap jawaban
benar diberi skor 1 dan bila salah diberi skor 0.
Uraian Setiap kata
kunci yang dijawab benar diberi skor 1 dan bila salah diberi skor 0
Praktik, setiap aspek
yang dikerjakan dengan benar diberi skor 1 dan bila salah atau tidak dikerjakan
diberi skor 0.
Essay, disekor dengan
pedoman sebegai berikut :
6. Cara
Perhitungan Nilai
a. Nilai Tes Tertulis
Misal Firman memperoleh skor seperti tertera pada kolom skor perolehan.
Hak
cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
2
Nilai pilihan ganda = (Skor
Perolehan / Skor Maksimum) x 100 %
= 32/40 x 100 %
= 80 %
Nilai uraian = (Skor Perolehan / Skor
Maksimum) x 100 %
= 21/27 x 100 %
= 78 %
Perbandingan
bobot untuk soal pilihan ganda dan uraian adalah 7 : 3.
Nilai tes
tertulis = (7/10 x Nilai pilihan ganda) + (3/10 x Nilai uraian)
= (0.7 x 80) +
(0.3 x 78)
= 56 %+ 23 %
= 79 %
b. Nilai Tes Praktik
Misal pada tes
Praktik (soal nomor 1) dengan skor maksimum 8, Firman dapat
melakukan 6
perintah dengan benar. Skor yang diperoleh Firman adalah 6.
Nilai tes
Praktik = (Skor Perolehan / Skor Maksimum) x 100 %
= 6/8 x 100 %
= 75 %
c. Nilai Tes Essay (Mengarang) :
Misal Firman
memperoleh skor seperti tertera pada kolom skor perolehan.
Skor nilai tes
mengarang yang diperoleh Firman adalah 13:
Nilai tes
mengarang = Skor Perolehan/Skor Maksimum x 100 %
= 13/15 x 100 %
= 87 %
Perbandingan
bobot untuk tes tertulis dan tes mengarang adalah 6 : 4.
Nilai Akhir =
(6/10 x Nilai tes tertulis) + (4/10 x Nilai tes mengarang)
Hak cipta pada Pusat
Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
3
= (0.6 x 79) +
(0.4 x 87)
= 47+ 35
= 82 %
A. CONTOH SOAL MATA PELAJARAN FISIKA
1. Bentuk Tes : Tes Uraian
Kompetensi yang diuji :
Menerapkan
rumus-rumus GGL induksi untuk menghitung atau menjelaskan beberapa
produk
teknologi terkait.
Indikator :
Siswa dapat
menggunakan rumus transformator untuk menentukan besaran-besaran yang
belum diketahui
saat transformator digunakan.
Uraian Soal :
Sebuah komputer
memerlukan tegangan 9 volt dari saluran 120 volt dengan menggunakan
transformator
ideal.
Diketahui
kumparan primer 480 lilitan dan arus yang diterima trafo 0,12 mA.
Tentukan:
a. Jumlah
lilitan sekunder!
b. Kuat arus
yang mengalir pada komputer!
Pedoman Penyekoran
:
2. Bentuk Tes : Tes Pilihan Ganda
Kompetensi yang diuji :
Menunjukkan
karakter dioda semikonduktor dan merangkaikan
sebagai
komponen pada rangkaian penyearah.
Indikator :
Siswa dapat
menentukan karakter sifat fisis dioda semikonduktor.
Hak cipta pada Pusat
Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
4
Uraian Soal :
Pernyataan yang
benar untuk diode semikonduktor yaitu ...
1. bila diberi
tegangan maju, mengalirkan arus dengan baik;
2. bila diber
tegangan mundur yang besar, terjadi breakdown;
3. pada dioda
tidak berlaku hukum Ohm;
4. dioda
semikonduktor dipakai pada rangkaian penyearah arus.
Pilihan Jawaban :
Penyearah yang
benar untuk dioda semikonduktor adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1 dan 3 saja
D. 2 dan 4 saja
E. 1, 2, 3 dan
4
Kunci : E
3. Bentuk Tes : Tes Praktik
Kompetensi yang diuji :
Menggunakan
rumus hubungan suhu, kalor dan perpindahan kalor.
Indikator :
Siswa dapat
menemukan hubungan kalor (Q) yang diserap suatu zat dengan perubahan suhu
(.T) melalui
percobaan (Praktik).
Alat/Bahan :
1. Pembakar
bunsen 4. Penjepit kayu 7. Air/Olie
2. Kaki
tiga/kasa 5. Termometer 8. Stop watch/jam
3. Statif 6.
Gelas Kimia 9. Kertas grafik
Uraian Soal : Menentukan hubungan
perubahan suhu dengan kalor yang diserap
A. Persiapan
1. Rangkai alat
2. Tentukan
variabel
3. Buatkan
tabel data
B. Pelaksanaan
1. Lakukan
percobaan
2. Tuliskan
data pengamatan pada tebel
3. Buatkan
grafik berdasarkan data pada tabel
(Hubungan
perubahan suhu dengan kalor yang diserap)
C. Hasil
percobaan
1. Tuliskan
kesimpulan percobaan
2. Bandingkan
hasil percobaan (No. C1) dengan data literatur
Pedoman Penyekoran :
Hak cipta pada Pusat
Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
5
Hak cipta pada Pusat
Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
6
B. CONTOH SOAL MATA PELAJARAN BAHASA
INDONESIA
Kompetensi yang diuji : Menulis
bermacam-macam karangan ilmiah.
Indikator :
Siswa dapat menulis
karangan jenis eksposisi sepanjang ± 200 kata berdasarkan data yang
tersedia berupa
tabel, grafik, diagram, peta, atau gambar.
Bentuk Tes : Tes Praktik
Contoh Soal :
Perhatikan
tabel berikut. Tabel ini menggambarkan jumlah murid yang tidak mampu yang
akan mendapat
bantuan dari pemerintah di tiap provinsi dengan nama Bantuan Khusus Murid
(BKM) untuk
periode Januari 2003 – Juni 2003. Provinsi Jawa Tengah terbanyak dan Bangka
Belitung paling
sedikit.
Catatan :
SD/SDLB =
Sekolah Dasar/Sekolah Dasar Luar Biasa;
SLTP = Sekolah
Lanjutan Tingkat Pertama;
SM = Sekolah
Menengah.
Hak cipta pada Pusat
Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
7
Tulislah
karangan jenis eksposisi sepanjang ± 200 kata berdasarkan informasi yang
terdapat
dalam tabel di
atas! Tulisan tersebut akan dinilai berdasarkan isi, alur, kosakata, dan
pemakaian
kaidah Bahasa Indonesia.
C. CONTOH SOAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
JASMANI
No. Soal : 10
Kompetensi yang diuji : Permainan bola
basket
Indikator : Siswa mampu melakukan
lempar tangkap/pasing
Bentuk Soal : Praktik
Uraian Soal : Lakukan lempar tangkap
berpasangan !
Pedoman Penskoran :
Hak cipta pada Pusat
Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
8
No. Soal : 13
Kompetensi yang diuji : Permainan Bola
Volly
Indikator : Siswa mampu melakukan
service atas dan bawah
Bentuk Soal : Praktik
Uraian Soal : Lakukan service atas dan
bawah !
Pedoman Penskoran :
No. Soal : 17
Kompetensi yang diuji : Melakukan
permainan sepakbola
Indikator : Siswa mampu menggiring
bola dengan rintangan
Bentuk Soal : Praktik
Uraian Soal : Lakukan menggiring bola
dengan melewati rintangan sebanyak 7 buah
dengan jarak 20
meter !
Pedoman Penskoran :
D. CONTOH SOAL MATA PELAJARAN SEJARAH
Bentuk soal :
Uraian
Bentuk
penilaian : Tertulis
No. Soal : 1
Kompetensi yang diuji : Menguraikan
kerajaan-kerajaan Indonesia yang bercorak Hindu -
Budha serta
aspek-aspek kehidupan di segala bidang.
Indikator : Siswa dapat menyebutkan 4
buku sastra dari zaman kerajaan Kediri.
Uraian Soal : Sebutkan 4 buah buku
sastra yang berasal dari zaman kerajaan Kediri!
Hak cipta pada Pusat
Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
9
Kunci Jawaban : Diberikan sekor 1 untuk
jawaban-jawaban di bawah ini.
No. Soal : 5
Kompetensi yang diuji : Menjelaskan
perkembangan IPTEK dan penerapannya dalam
sector
industri, pertanian, komunikasi, informasi, dan transportasi di Indonesia.
Indikator : Siswa dapat menyebutkan 4
contoh tindakan ekstensifikasi di bidang
pertanian.
Uraian Soal : Sebutkan 4 contoh tindakan
ekstensifikasi pertanian dalam rangka
Revolusi Hijau!
Kunci Jawaban : jika dalam uraian disebutkan
hal-hal sebagai berikut :
E. CONTOH SOAL MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM
Hak cipta pada Pusat
Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
10
1. Bentuk soal : Uraian
Bentuk penilaian : Tertulis
No. Soal : 4
Kompetensi yang diuji : Memahami
syariah Islam tentang pernikahan.
Indikator : Siswa dapat menjelaskan
hikmah pernikahan.
Contoh Soal : Jelaskan hikmah pernikahan
dalam agama Islam!
Pendoman Penskoran : beri skor 1 jika
uraian jawaban mengandung unsur jawaban
yang di bawah ini.
No. Soal : 5
Kompetensi yang diuji : Terbiasa
menghindari perilaku sifat-sifat tercela..
Indikator : Siswa dapat menyebutkan
bahaya narkotika terhadap diri sendiri.
Uraian Soal : Sebutkan 5 bahaya yang
diakibatkan oleh narkotika terhadap diri sendiri?
Pedoman penskoran :
2. Bentuk soal : Praktik
Bentuk penilaian : Pengamatan
No. Soal : 1
Kompetensi yang diuji :
Mampu membaca
dengan mengetahui hukum bacaannya, menulis dan memahami ayat
Al’Quran serta
mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : Siswa dapat membaca dan
mengartikan surat An-Nahl ayat 65 dan 66
Uraian Soal : Bacalah Al-Quran surat
An-Nahl ayat 65 dan 66?
Pedoman Penskoran :
Hak cipta pada Pusat
Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
11
No. Soal : 2
Kompetensi yang diuji :
Melaksanakan
ibadah salat fardu, salat sunat, salat berjamaah, salat Jumat, dan salat
jenazah.
Indikator :
Siswa dapat
mempraktekkan tatacara melaksanakan salat fardu lima waktu
Uraian Soal : Coba anda praktekkan
tatacara melaksanakan salat fardu subuh?
Pedoman Penskoran :
Komentar
Posting Komentar