MATERI SEL

MATERI I. SEL


I.Standar Kompetensi

Siswa mampu menginterprestasikan organisasi seluler serta mengkaitkan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

II. Kompetensi dasar:
Mendiskripsikan struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

III. Indikator.
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat :

3.1. Membandingkan hasil penampakan sel dan bagian-bagiannya berdasarkan pengamatan di      bawah mikroskop cahaya dengan gambar/foto pada literatur.

3.2. Mengukur diameter sel serta terbiasa menggunakan unit pengukuran pada kajian tentang sel(milimeter, mikrometer, nanometer)

3.3. Mendidskripsikan dan menginterprestasikan gambar dan foto sel hewan dan tumbuhan tertentu seperti yang terlihat pada mikroskop elektron, mengenali membran plasma, dan organella : retikulum endoplasma , badan golgi, mitokondria, ribosom, lisosom, sentriol, nukleus dan nukleolus.

3.4. Membandingkan mekanisme transport pada mebran secara difusi, osmosis, transport aktif, endositosis dan eksositosis.

3.5. Membuat bagan fungsi sistem membran dan organela.

3.6. membuat model bagian tertentu dari sel

IV. MATERI PELAJARAN.

SEL.
A. Pengertian sel.
Sel adalah, bagian terkecil mahlukhidup.Berdasarkan jumlah sel penyusun tubuh, terdapat mahluk hidup bersel satu (uniseluler) dan bersel banyak (multiselluler).
Teori sel di kemukakan pertama kali oleh Robert Hook yang melihat sayatan gabus di bawah mikroskop.
Dengan perkembangan ilmu, berkembang pula Cytologi (ilmu tentang sel).Hingga dewasa ini  terdapat 4 teori sel, yaitu :
      -     sel ,sebagai unit struktural mahluk hidup(Schliden dan Schwan)
-        sel , sebagai unit fungsional mahluk hidup( max Schultse)
-        sel, sebagai unit pertumbuhan mahluk hidup( Rudolt Virchow)
-        Sel, sebagai unit heriditas mahluk hidup.
Di dalam sel terjadi proses biokimia dan funsi hidup seperti nutrisi, absorpsi, transport, biosintesis, sekresi, respirasi, regulasi dan reproduksi.

b.Bagian-bagian sel dan fungsinya :


Bagian sel


Struktur dan fungsinya

1.Membran sel

2.Dinding sel

3. Inti sel (nukleus)

4. Sitoplasma


5. Ribosom

6. Retikulum endoplasma



7.Badan golgi

8. Mitokondria

9. Lisosom

10. Sentriol

11. Plastida


12. Vakuola


13.Peroksisom

14. Glioksisom


15. Mikrotubulkus


16. Mikrofilamen

tersusun dari dwi lapis lipid dan protein, fungsinya mengatur keluar masuk zat yang dibutuhkan sel, secara difusi, osmosis, transport aktif
tersususn atas selulosa, pektin, lignin,Fungsinya untuk melindungi sel dan menjaga bentuk sel tumbuhan.
tersusun atas nukleosom,protein , DNA. Funginya untuk aktifgitas sel, pewarisan sifat, reproduksi sel.
tersusun atas protoplasma(koloid): air, glukosa, lipid, protein, garam-garam mineral dan gas (O2/CO2). Fungsinya untuk menopang kehidupan sel (Proto = pertama, plasma = hidup).
terusun atas protein/ RNA, fungsinya untuk sintesa protein dalam pembentukan ensim untuk mengatur metabolisma.
Berbentuk saluran halus(retikuler), tersusun sama dengan kandungan membran sel lemak dan protein.Fungsinya menghubungkan antara nukleus dengan sitoplasma sebagai alata transport zat berupa protein, lemak, karbohidrat.Retikulum endoplasma kasar untuk sintesa protein dan retikulum endoplasma halus untuk sintesa lemak dan karbohidrat.
Berbentuk kantong pipih bertumpuk-tumpuk,Fungsinya untuk sekrese dan ekskresi zat keluar sel.
Bentuk bulat panjang, terbungkus membran rangkap.Fungsinya untuk respirasi sel (glikolisis, daur krebs dan transport elektron).
Badan bentuk bulat terbungkus membran tunggal berisi ensim pencernaan,Fungsinya untuk hidrolisis (pencernaan) sel
Badan berbentuk selinder, berisi mikrotubula,fungsinya untuk pembelahan sel dalam pembentukan gelendong pembelahan.
Badan berbentuk cakram lonjong, tersusun atas kloroplas(zat hujau daun), kromoplas ( zat warna) dan leukoplas(amiloplas/leukoplas) Fungsinya untuk fotosintesis dan cadangan makanan .
Badan terbungkus menbrab tunggal (tonoplas), fungsinya sebagai penyimpan cadangan makanan, sisa metabolisma sel, mengatur turgor sel dan terdapatnya piqmen.
Badan mikro yang mengandung ensim katalase untuk menguraikan peroksida (H2O2)menjadi air dan oksigen.
Badan mikro hanya terdapat pada sel tumbuhan, mengandung ensim katalase dan oksidase,Fungsinya untuk proses metabolisma lemak menjadi gula.
Organel berbentuk tabung pipa halus, terusun atas protein tubulin.Fungsinya untuk  pembentukan benang spindel saat sel membelah.
Berbentuk benang halus dan tipis. Tersusu atas protein aktin dan miosin.berfungsimuntuk gerakan sel dan rangka sel

C. Perbedaan sel Prokariotik dan sel eukariotik.


Sel Prokariuotik

Sel Eukakariotik

1 Contoh :bakteri dan ganggang hijau-biru
2. Mempunyai mesosom (lekukan    sitoplasma ), pengganti mitokondria
3. Inti sel tidak terbungkus membran
4. tika adfa membran dalam (endomembran)
5. DNA/RNA bernetuk sirkular (lingkaran)

1.Contoh: protista,fungsi,plantae, animalia
2. Tidak mempunyai mesosom, tetapi mempunyai mitokondria.
3. Inti sel terbungkus membarn.
4. mempunyai membran dalam, misalnya retikulum endolpalsma.
5. DNA/RNA berbentuk benang memanjang.


D. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan.


Sel Hewan

Sel Tumbuhan

1.Tidak mempunyai dinding sel
2. Tidak memiliki plastida/kloroplas
3. Tidak memiliki vakuola permanen,tetapi hanya vakuola sementara
4. mempunuai lisosom
5. memiliki sentrosom
6. cadangan makanan berupa glikogen

1.mempunyai dinding sel
2.mempunyai plastida/ kloroplas
3. mem[unyai vakuola permanen

4. tidak mempunyai lisosom
5. tidak mempunyai sentrosom
6. Cadangan makanan berupa amilum

V.LEMBAR PENILAIAN.(AFEKTIF, KOGNITIF DAN PSOKOMOTOR)

LKS .1.
Isilah tabel perbedaan dan persamaan sel prokariotik dengan sel eukariotik berikut .beri tanda v (jika ada) dan tanda X (jika tidak ada).!

Organel

Prokariotik

Eukariotik

1.   membran plasma
2.   sitolpalsma
3.   ribosom
4.   dinding sel
5.   mesosom
6.   membran nukleus
7.   retikulum endoplasma
8.   mitokondria


LKS.2.Gambarlah sebuah sel hewan dan sel tumbuhan, dengan bagian-bagian sel berikut.:
a.    membran sel
b.   plasmodesmata
c.    dinding sel
d.   inti sel (nukleus)
e.    lisosom
f.     badan golgi
g.   Retikum endoplasma
h.   Kloroplas
i.      Vakuola
j.      Mikrotubulus
k.   Mitokondria
l.      Sitoplasma
m.                        Nukleolus
n.   Ribosom.
       

Gambra sel Hewan dan bagian-bagainnya

Gambar sel tumbuhan dan bagian-agiannya



Pertanyaan :
1.   Sebutkan fungsi bagian-bagian/ organel sel tsb !
2.   Apa perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan ?







LKS.3. Pengamatan Sel.(Pendekatan Ketrampilan Proses).
Untuk memahami materi tentang sel siswa dengan di pandu guru , sebaiknya mengamati langsung sel Hewan ( amoeba, atau epitel rongga dalam pipi), sel tumbuhan ( lapisan epidermis bawang atau daun Roeo discolor) .

Praktikum 1.

Judul               : Mengamati sel epitel rongga pipi.atau emoeba

Tujuan             : Menunjukan bagian-bagian sel dan membandingkan dengan gambar asli di buku.

Alat/ Bahan     : 

1. Mikroskop. Kaca benda dan keca penutup
2. Tusuk gigi atau spatula
3.   Metilen blue
4.   pipet
5.   biakan protozoa

langkah kerja:

1.   Sediakan keca benda dan tetasi dengan metilen blue.
2.   Ambilah lapisan epitel pipi rongga mulut dengan spatula atau tusuk gigi dengan perlahan
3.   Letakan epitel pada gelas benda tadi, tutup dengan kaca penutup dengan hati-hati.
4.   Amatilah dengan mikroskoip, mula-mula dengan perbesaran halus, setelah terlihat amati dengan perbesaran kuat.
5.   gambarlah sel epitelk yang terlihat, dan beri keterangan pada bagian sel yang tampak.
6.   Dengan cara yang sama amati pula sel amoba/ paramecium sebagai perbandingan.
7.   Ukur diameter sel dengan mikrometer okuler dan mikrometer obyektif.Mula-mula pasang mikronmeter obyektif pada meja benda dan mikrometer okuler pada lensa okuler.Kalibrasikan setiap unit skala dimikrometer okuler dengan skala mikrometer obyektif,setelah itu siap digunakan menghitung diameter sel,

Pertanyaan.

1.Bagian-bagian sel apa saja yang terlihat ?
2.Bagiamana ukuran diameter sel ?
3.Apa fungsi Metilen Blue pada pengamatan sel tsb ?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG 7 K DAN PELAKSANAANNYA

TUGAS PERSONIL SEKOLAH

PEMHASAN KUNCI UN IPA PAKET :C4-44 JAKARTA BARAT