ANDA PERLU TAHU TANDA-TANDA KANKER

TANDA-TANDA BAHAYA UNTUK KANKER.

Oleh : Drs.Rakiman *



Orang awam atau masyarakat awam sering tidak tahu tanda-tanda  kanker, sehingga jika ada gejala tertentu dianggap biasa saja. Kelainan jaringan atau kanker, merupakan pertumbuhan jaringan abnomal,sel-selnya membelah atau mitosis dengan cepat, tak terkendali sehingga jaringan yang baru tersebut mengganggu fungsi jaringan yang sesungguhnya bahkan memakan jaringan aslinya,seperti leukimia, kelebihan darah putih sehingga memakan darah merah.

Kebanyakan kanker adalah tumor(gembung, bengkak, sebagai akibat dari radang, tumbuh ganda), tetapi banyak tumor bukannya kanker.Kalau tumor tumbuh dengan cepat menjalar ke jaringan-jaringan sekitarnya, atau bagian-bagian kecil dari tumor di bawa melalui aliran darah atau saluran getah bening ke bagian tubuh lain lalu tertanam dan berkembang, maka tumor disebut ganas dan disebut kanker.Oleh sebab itu kanker bisa menjalar dan merusak alat-alat tubuh yang penting atau jaringan yang penting, ke seluruh bagian tubuh. Kalau tidak segera diobati dengan serius, pernyakit ini biasanya berbahaya sekali.

Kebanyakan penyakit kanker yang masih baru dapat disembuhkan. Banyak diantara penyakit kanker tidak dapat disembuhkan, karena jenisnya yang tidak diketahui hingga sudah menjalar ke bagian yang luas sehingga tidak dapat diobati lagi.Penyakit kanker seperti ini biasanya terdapat didalam didalam organ atau jaringan yang sulit dilihat atau dideteksi dengan alat yang sudah ada.Ada beberapa tanda atau gejala yang biasa ada, rasa sakit tidak begitu sering pada penyakit ini, tetapi kalau jaringan-jaringan saraf tertekan atau diserang, rasa sakit itu akan makin terasa. Terjadinya borok atau radang tingkatan kedua timbul dalam berbagai jenis penyakit kanker, sering menimbulkan demam atau gejala umum, kurang darah, pucat, tubuh lemah, berat badan menurun.
Ada tanda-tanda atau gejala lain yang lebih berarti, tergantung  letak jaringan kanker berada.
Kanker pada kelenjar empedu sering kali kali melibatkan kandung empedu, tanda penyakit ini adalah penderita mengalami kekuningan pada jaringan kulit, dan makin lama makin nyata
Kanker pada kandung kencing biasanya rawan dan gambang pendarahan, air kencing bercampur darah, diserati buang air seni yang amat sakit.
Kanker pada darah lebih sering disebut leukemia, ditandai dengan lemahnya tubuh akibat kurangnya darah merah.
Kanker pada tulang seringkali terjadi, terutama ketika masih usia muda. Penyakit ini menimbulkan bengkak dan rasa sakit, lemah tulang dan tulang rapuh.
Kanker pada kelenjar dada (susu) atau dikenal kanker payudara, pada mulanya merupakan bengkak atau benjolan yang tidak sakit, nenes berdarah pada puting susu, tetapitidak selamanya berkembang.
Kanker pada usus besar , ditandai dengan buang air besar disertai darah, disertai rasa sakit perut , sembelit(sulit buang air besar).
Kanker pada kerongkongan, gejalannya sukar dalam menelan.
Kanker pada kandung empedu, kerap kali berkembang dalam organ yang telah berisi batu-batu empedu beberapa saat lamannya, dengan ditandai rasa sakit pada kendung empedu, lemah tubuh, timbul penyakit kuning, dan cairan sering kali berkumpul di dalam rongga perut.
Kanker pada buah pinggang (ginjal) menimbulkan rasa akit dibelakang perut dan dalam ginjal itu sendiri, air kencing bercampur darah.
Kanker pada pangkal tenggorokan (trakchea) mempunyai tanda atau gejala yang nyata, suara menjadi parau dengan waktu yang lama.
Kanker pada hati(limpa), biasanya ditandai dengan penyakit kuning timbul, cairan terkumpul pada rongga perut,dan organ hati sakit jika ditekan.
Kanker pada paru-paru, gejala menyerupai penyakit TBC.
Kanker pada mulut (bibir dan lidah ), biasanya diawali adanya gumpalan, kemudian menjadi luka yang memborok dan sukar sembuh.
Kanker pada anggota dalam perut biasanya menjalar keselaput perut, yaitu selaput yang membungkus rongga perut.Gejalanya adalah sakit di dalam perut dan penggumpalan benda cair pada rongga perut.
Kanker pada kelenjar kelamin pada pria, seringkali terjadi pada orang yang sudah pertengahan umur atau oarang yang sudah tua, ditandai dengan sukar buang air kencing.
Kanker pada kulit  berupa luka kering atau bersisik, ada yang berupa borok makin lama makin melebar, atau berupa tahi lalat atau kitil yang tidak terlalu berbahaya. Kanker pada lambung terutama pada laki-laki, gejalanya ditandai dengan hilangnya selera makan, sulit mencerna, dan rasa sakit di daerah perut.
Kanker pada rahim (uterus), biasanya pada leher rahim, ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur, rasa sakit pada rahim.

Tanda-tanda bahaya umum untuk kanker, yang perlu masyarakat ketahui meliputi :

1.Tumor atau pembengkakan.
Ini selamanya merupakan tanda bahaya. Pembengkakan pada jaringan di mana saja dalam tubuh perlu diwaspadai.Malahan gondokpun yang terletak di leher bagian bagian muka,mungkin menjadi berbahaya.

2.Berat badan (BB) berkurang.
Berkuangnya berat badan dapat menjadi masalah yang serius. Ini harus diwaspadai terutama pada orang-orang yang sudah tua. Kadang-kadang berkurangnya berat badan menjadi lambat sekali sehingga hampir tidak terasa.Suatu catatan yang sempurna tantang berat badan seorang harus disimpan,untuk sewaktu-waktu diperlukan .

3.Perubahan warna.
Ini penyebab lain yang perlu diwaspadai, hal ini mungkin disebabkan anemia yang berkembang perlahan-lahan, yang timbul dari suatu yang menekan fungsi-fungsi yang normal pada sum-sum tulang.Kanker kadang-kadang mendatangkan prubahan-perubahan ini. Kita harus mendapatkan pemeriksaan yang serius, pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan air seni, atau rongsen.

4.Borok-borok menahun.
Borok yang tidak sembuh dalam dua atau tiga minggu dapat merupakan tanda kanker kulit.Borok mungkin terdapat pada wajah, tangan, tungkai, pantat atau bagian tubuh lain.Tidak ada gunannya mengobati borok dengan salep atau mengharap borok akan hilang. Jika borok suatu kanker haruslah dirawat dengan intensif, pembedahan dan sinar X merupakan solusinya.

5. Pendarahan Yang luar Biasa.
Pendarahan tertentu biasanya terjadi dalam tubuh, hal ini perlu untuk kesehatan, tetapi suatu pendarahan yang luar biasa harus diwaspadai.Ini mungkin disebabkan adanya kanker.

6. Kutil-kutil atau tahi lalat.
Tahi lalat atau noda-noda adalah keadaan yang biasa saja. Banyak orang memmpunyai kutil. Kutil merupakan ketumbuhan yang keras dan kering di kulit.Kutil timbul dan hilang tanpa sebab yang nyata, biasanya tidak berbahaya. Tetapi yang perlu diwaspadai jika kutil atau tahi lalat mengalami perubahan yang tiba-tiba.Perubahan ini kadang-kadang disebabkan adanya kanker.

7. Gangguan Pencernaan Yang tuidak hilang-hilang.
Banyak orang sering disusahkan oleh gangguan pencernaan, kajadian ini timbul karena kerja lambung yang tidak teratur, persoalan urat saraf bisa juga menyebabkan perut kembung.Tetapi jika sering-sering terjadi pada lambung atau usus kanker mungkin terdapat didalamnnya.

8. Sukar menelan.
Pada umumnya tidak sulit bagi orang sehat untuk menelan. Tetapi jika orang tiba-tiba sukar menelan, harus diwaspadai. Kasulitan ini mungkin bukan akibat kanker, tetapi perlu diperiksa.

9. Keparauan.
Kanker pada kotak suara jarang dialami, tetapi adakalannya terjadi. Jika orang mengalamai suara parau lebih dari seminggu sebaiknya anda kedokter THT(Telinga, hidung dan tenggorokan), mungkin ada tumor pada salah satu pita suara.

10. Batuk Menahaun.
Batuk berhubungan dengan penyakit yang berbeda-beda, batuk menahun mungkin disebabkan oleh kanker paru-paru,sebaiknya untuk diperiksakan ke dokter penyakit dalam.

11. Perubahan-perubahan dalam buang air besar.
Suatu perubahan yang tiba-tiba dalam buang air besar yang normal harus diperiksakan, perubahan-perubahan mungkin karena adanya kenker pada usus bagian bawah. Bahaya seperti ini menjadi lebih baik jika adanya perawatan hingga pembedahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG 7 K DAN PELAKSANAANNYA

TUGAS PERSONIL SEKOLAH

PEMHASAN KUNCI UN IPA PAKET :C4-44 JAKARTA BARAT