PEMHASAN KUNCI UN IPA PAKET :C4-44 JAKARTA BARAT



KUNCI DAN PEMBAHASAN



UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010



ILMU PENGTAHUAN ALAM
SMP / MTs


NO. PAKET

C 4  -  P 44
Jakarta barat



Oleh:
Hadi Suratno,S.Pd









No. 21
Kunci  C

Pembahasan :
Persamaan morfologi : persamaan bentuk tubuh atau organ-organ tubuh pada makhluk hidup
Katak hijau memiliki alat gerak berupa kaki yang dilengkapi dengan selaput diantara jari-jarinya dan tubuhnya tidak berekor.
Kecebong merupakan anak katak pada tahapan awal yang memilki alat gerak berupa sirip dan berekor serta bentuk tubuhnya treamline (torpedo)
Ikan mas kecil memilki alat gerak berupa sirip dan berekor serta bentuk tubuhnya treamline (torpedo)
Ular air merupakan hewan reptil dengan bentuk tubuh silindris berekor tidak memiliki alat gerak
Ganggang Spirogyra merupakan ganggang hiaju yang Tubuhnya berbentuk filamen yang tidak bercabang. Panjang tubuhnya mencapai 1 kaki (30,48 cm). Benang tersusun oleh protoplasma yang transparan dan setiap sel memiliki 1 atau lebih kloropas yang memanjang dari ujung ke ujung berbentuk spiral
Semanggi adalah sekelompok paku air (Salviniales) dari marga Marsilea) yang di Indonesia mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi.Bentuk tumbuhan marga ini khas, karena bentuk daun yang menyerupai payung yang tersusun dari empat anak daun yang berhadapan.


No. 22
Kunci D

Pembahasan :
·  Makhluk hidup mempunyai ciri – ciri :
1. Makhluk hidup memerlukan makan dan minum
2. Makhluk hidup bergerak
3. Makhluk hidup bernafas
4. Makhluk hidup tumbuh
5. Makhluk hidup berkembangbiak
6. Makhluk hidup peka terhadap rangsangan

1. Makhluk hidup memerlukan makan dan minum
Manusia, hewan dan tumbuhan memerlukan makanan sebagai sumber tenaga, untuk pertumbuhan dan menggantikan sel-sel tubuh yang rusak.
Tumbuhan berhijau daun membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis.
2. Makhluk hidup bergerak
Manusia dan hewan begerak berpindah tempat, tetapi tumbuhan tidak dapat berpindah tempat. Tumbuhan bergerak, tetapi tidak dapat berpindah tempat. Contoh gerakan tumbuhan adalah gerakan akar memanjang ke bawah dan kesamping. Tunas, daun, dan batang tumbuhan selalu mengarah ke arah datangnya cahaya matahari, serta mekarnya bunga.
3. Makhluk hidup bernafas
Manusia dan hewan bernafas menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida.. Alat pernafasan diantaranya :
-           paru – paru pada manusia, kucing, buaya dan burung dll
-          Insang pada ikan
-          Trakea pada belalang
-          Permukaan tubuh pada cacing tanah
-          Stomta ( mulut daun ) dan lentisel ( pori-pori pada kulit batang dan akar )

4. Makhluk hidup tumbuh
Semua Makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan pada tumbuhan ditandai dengan batang yang semakin tinggi dan daun yang semakin banyak. Pertumbuhan pada manusia dan hewan ditandai dengan bertambah besar, bertambah tinggi, dan bertambah berat.
5. Makhluk hidup berkembangbiak
Proses yang dilakukan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan baru disebut berkembangbiak. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah untuk melestarikan jenisnya. Makhluk hidup berkembangbiak dengan 2 cara, yaitu: secara kawin (generatif ) dan secara tak kawin ( Vegetatif ).Perkembangbiakan secara kawin ( generatif ) adalah proses perkembangbiakan yang didahului oleh peleburan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina.Hal ini terjadi pada hewan yang melahirkan,bertelur dan pada tumbuhan dengan biji.
Perkembangbiakan tak kawin ( vegetatif ) adalah proses perkembangbiakan tanpa didahului peleburan sel kelamin yang melibatkan satu induk saja dan dihasilkan keturunan yang sama dengan induknya. Perkembangbiakan ini dapat terjadi secara alami, misalnya tunas dan umbi,sedangkan secara buatan (Tumbuhan berkembangbiak dibantu oleh manusia) misalnya cangkok,dan stek,
6. Makhluk hidup peka terhadap rangsangan
Sesuatu yang ada di luar tubuh makhluk hidup marupakan rangsangan. Rangsangan berupa cahaya, bunyi, panas, dingin, bau, sentuhan. Makhluk hidup mempunyai kemampuan menerima dan menanggapi rangsangan. Manusia dan hewan mempunyai alat indra yang berfungsi untuk menerima dan menanggapi rangsangan.
Misalnya: 1. mata menerima rangsangan yang berupa cahaya
2. telinga menerima rangsangan suara
3. hidung menerima rangsangan bau
4. kulit menerima rangsangan sentuhan
5. lidah menerima rangsangan rasa.
Tumbuhan tidak mempunyai alat indra seperti manusia dan hewan. Tetapi tumbuhan dapat juga menerima dan menanggapi rangsangan. Antara lain rangsangan cahaya dan sentuhan.
Contohnya : Jika daun putri malu kita sentuh maka daunnya akan mengatup (menutup)

No. 23
Kunci : A

Pembahsan :
Taman Nasional Manupeu-Tanah Daru merupakan perwakilan hutan musim semi-peluruh dataran rendah yang tersisa di Sumba. Satwa yang ada pada kawasan taman nasional ini sebanyak 87 jenis burung termasuk 7 jenis endemik pulau Sumba yaitu kakatua cempaka (Cacatua sulphurea citrinocristata), julang Sumba (Rhyticeros everetti), punai Sumba (Treron teysmannii), sikatan Sumba (Ficedula harterti), kepodang-sungu Sumba (Coracina dohertyi), dan madu Sumba (Nectarinia buettikoferi). Burung julang sumba dan kakatua cempaka merupakan burung yang paling langka dan terancam punah khususnya di Pulau Sumba.Salah satu usaha untuk melestarikan populasi kakatua cempaka (Cacatua sulphurea citrinocristata) adalah menanam kembali pohon sarang potensial yang ditebangi.

No. 24
Kunci : A

Pembahasan :
Kawasan hutan mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan tanah. Hutan lindung (protection forest) adalah suatu kawasan hutan yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau kelompok masyarakat tertentu untuk dilindungi, agar fungsi-fungsi ekologisnya --terutama menyangkut tata air dan kesuburan tanah-- tetap dapat berjalan dan dinikmati manfaatnya oleh masyarakat di sekitarnya.Maka kita dalam mengekploitasi hutan harus berhati-hati dan harus diperhitungkan secara matang dari dampaknya sehingga tidak menimbulkan kerusakan hutan. Jika hutan mengalami kerusakan akibat pemanfaatan hutan secara berlebihan sehingga hilangnya fungsi hutan sebagai daerah resapan air maka usaha yang dapat kita lakukan adalah melakukan reboisasi dengan cara melakukan penanaman berbagai jenis tumbuhan di hutan tersebut.

No. 25
Kunci : B
Pembahasan  :
Rantai makanan adalah peristiwa  makan dan dimakan dengan urutan tertentu yaitu produsen          konsumen tingkat I           konsumen tingkat  II           konsumen tingkat  III               konsumen tingkat  IV.
Pada rantai makanan terjadi perpindahan zat makanan dari tumbuhan sebagai sumbernya dan diteruskan melalui sederetan konsumen dengan cara makan dimakan.Rantai makanan yang saling berhubungan disebut jaring-jaring makanan, dan apabila terjadi dalam dunia kehidupan maka akan membentuk jaring-jaring kehidupan Pada jaring-jaring makanan terjadi perpindahan energi dari tingkat tropik pertama(Produsen) ke tingkat tropik kedua (konsumen tingkat I) ke tingkat tropik ketiga(konsumen tingkat II) dan seterusnya. Pada setiap perpindahan energi dari satu tingkat tropik ke tingkat topik berikutnya akan terjadi pelepasan sebagian eneri berupa panas. Jumlah energi pada rantai makanan untuk tingkat tropik yang semakin tinggi jumlahnya semakin sedikit maka akan membentuk piramida makanan(piramida ekologi )
Sumber energi utama dalam ekosistem adalah cahaya matahari.Tumbuhan yang memanfaatkan energi itu untuk berfotosintesis, maka tumbuhan sebagai produsen yang bersifat autotrop.

No. 26

Kunci : C

Pembahsan :
Kerusakan hutan (deforestasi) masih tetap menjadi ancaman di Indonesia. Menurut data laju deforestasi (kerusakan hutan) periode 2003-2006 yang dikeluarkan oleh Departemen Kehutanan, laju deforestasi di Indonesia mencapai 1,17 juta hektar pertahun.
Penyebab Deforestasi. Laju deforestasi hutan di Indonesia paling besar disumbang oleh kegiatan industri, terutama industri kayu, yang telah menyalahgunakan HPH yang diberikan sehingga mengarah pada pembalakan liar. Penebangan hutan di Indonesia mencapai 40 juta meter kubik setahun, sedangkan laju penebangan yang sustainable (lestari berkelanjutan) sebagaimana direkomendasikan oleh Departemen Kehutanan menurut World Bank adalah 22 juta kubik meter setahun.
Penyebab deforestasi terbesar kedua di Indonesia, disumbang oleh pengalihan fungsi hutan (konversi hutan) menjadi perkebunan. Konversi hutan menjadi area perkebunan (seperti kelapa sawit), telah merusak lebih dari 7 juta ha hutan sampai akhir 1997.

Dampak Deforestasi. Deforestasi (kerusakan hutan) memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat dan lingkungan alam di Indonesia. Kegiatan penebangan yang mengesampingkan konversi hutan mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan yang pada akhirnya meningkatkan peristiwa bencana alam, seperti tanah longsor dan banjir.
Dampak buruk lain akibat kerusakan hutan adalah terancamnya kelestarian satwa dan flora di Indonesia utamanya flora dan fauna endemik. Satwa-satwa endemik yang semakin terancam kepunahan akibat deforestasi hutan misalnya lutung jawa (Trachypithecus auratus), dan merak (Pavo muticus), owa jawa (Hylobates moloch), macan tutul (Panthera pardus), elang jawa (Spizaetus bartelsi), merpati hutan perak (Columba argentina), dan gajah sumatera (Elephant maximus sumatranus). ( Sumber : http://alamendah.wordpress.com/2010/03/09/kerusakan-hutan-deforestasi-di-indonesia)
No. 27
Kunci : D
Pembahsan :
No
Nama Organ
Enzim yang dihasilkan
Fungsi
1.
Mulut
(kelenjar ludah)
Ptialin ( amilase )
-       Mengubah amilum menjadi gula
2
Lambung
1.    HCl ( asam klorida )


-       Membunuh bibit kuman penyakit yang masuk besama makanan
-       Mengasamkan makanan
-       Mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin
2.    pepsin
-       mengubah protein menjadi pepton
3.    Renin
-       Mengendapkan kasein dalam susu
3
pankreas
Amilase
-       Mengubah amilum menjadi maltosa
Tripsin
-       Mengubah pepton menjadi asam amino
Lipase
-       Mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
4
Hati
Empedu
-       Mengemulsikan lemak
5
Usus halus
Sakrase
-       Mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa


Maltase
-          Mengubah maltosa menjadi glukosa


laktase
-          Mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa


Erepsin
-          Mengubah pepton menjadi asam amino.
No. 28
Kunci  :  C
Pembahasan :
Macam otot pada manusia :
1.      Otot polos
2.      Otot lurik
3.      Otot jantung
Perbandingan otot polos,otot lurik dan otot jantung :
No.
perbandingan
Otot polos
Otot lurik
Otot jantung
1.
Bentuk sel otot
Gelendong dengan kedua ujungnya meruncing
silindris
Silindris dengan ujung bercabang
2.
Warna
polos
lurik
lurik
3.
Jumlah inti sel
Satu inti sel
Banyak inti sel
Banyak inti sel
4
Letak inti sel
Di tengah
Di pinggir
Di tengah
5.
Cara/sifat kerja
Tak sadar
Sadar
Tak sadar
6.
contoh
Organ dalam seperti; usus halus,usus besar, pembuluh darah, saluran urine dan dinding rahim
Otot rangka seperti; otot betis, otot paha, otot bisep,otot trisep dan otot leher
Otot jantung
No. 29
Kunci ;  B
Pembahasan :
Bagian darah yaitu plasma darah,sel darah merah ,sel darah putih dan keping-keping darah
Fungsi plasma darah :
-          Mengdarkan sari-sari makanan ke seluruh tubuh
-          Membawa sisa metabolisme
-          Mengedarkan hormon
-          Menjaga kestabilan suhu tubuh
Fungsi sel darah merah :
-          Mengangkut oksigen
Fungsi sel darah putih :
-          Membunuh kuman penyakit yang masuk kedalam tubuh
Fungsi keping-keping darah :
-          Menghidarkan tubuh dari infeksi dengan cara membekukan darah pada luka.
Skema pembekuan darah :


 






Sehingga darah membeku dan luka trtutup oleh benang-benang fibrin

No. 30
Kunci ;  B

Pembahasan :
Proses pembentukan urine pada ginjal terjadi di dalam korteks ginjal tepatnya pada nefron melalui 3 tahapan sebagai berikut :
1.      Filtrasi yaitu penyaringan zat sampah yang dapat menjadi racun.
Terjadinya filtrasi di glumerolus, zat yang dihasilkan disebut urine primer. Zat tersebut kemudian masuk ke simpai bowman
2.      Reabsorpsi  yaitu penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna.
 Reabsorpsi terjadi di saluran/tubulus distal, zat yang dihasilkan disebut urine sekunder
3.      Augmentasi yaitu pengumpulan zat yang tidak berguna untuk dikeluarkan dari tubuh.
Augmentasi dilakukan melalui tubulus kolektivus dan dibawa menuju rongga ginjal ( pelvis ).

No. 31
Kunci : C

Pembahasan :
Perhatikan model percobaan fotosintesis berikut ini :











 






Urutan kerja sesuai dengan nomor .
1.      Pilih satu daun ditutup alumunium foil
2.      Rebus daun tersebut dengan air
3.      Rendam daun itu dengan alkohol
4.      Cuci dan bilas daun itu dengan air dan keringkan
5.      Tetesi daun itu dengan cairan Iodium/lugol
Dari percobaan fotosintesis diatas dan pada akhir percobaan daun tersebut ditetesi dengan cairan Yodium/lugol sehingga daunya berubah warna menjadi biru . Hal ini menunjukan hasil dari fotosintesis adalah amilum.



No. 32.
Kunci : A

Pembahasan :
Setiap organisme mampu menerima rangsang yang disebut IRITABILITAS, dan mampu pula menanggapi rangsang tersebut. Salah satu bentuk tanggapan yang umum adalah berupa gerak. Gerak berupa perubahan posisi tubuh atau perpindahan yang meliputi seluruh atau sebagian dari tubuh.
GERAK PADA TUMBUHAN
Jika pada hewan rangsang disalurkan melalui saraf, maka pada tumbuhan rangsang disalurkan melalui benang plasma (PLASMODESMA) yang masuk ke dalam sel melalui dinding yang disebut NOKTAH.
Gerak pada tumbuhan dibagi 3 golongan, yaitu :
1.
Gerak HIGROSKOPIS

yaitu gerak yang ditimbulkan oleh pengaruh perubahan kadar air.
Misalnya:
- gerak membukanya kotak spora.
- pecahnya buah tanaman polong.
2.
Gerak ESIONOM

yaitu gerak yang dipengaruhi rangsang dari luar.
a.
TROPI (TROPISME) yaitu gerak bagian tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah rangsang. Tropisme positif jika mendekati rangsang dan tropisme negatif jika menjauhi.
Bentuk tropisme antara lain
- fototropisme atau heliotropisme
- geotropi
- tigmotropi rangsang berupa sentuhan contoh sulur melilit pada bambu didekatnya
- hidrotropi
b.
TAKSIS yaitu gerak berpindah seluruh tubuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang. Seperti bentuk tropisme, terdapat taksis positif dan negatif.
Beberapa bentuk taksis :
- fototaksis
- kemotaksis
c.
NASTI yaitu gerak bagian tumbuhan yang tidak dipengaruhi arah rangsang. Gerak ini disebabkan terjadinya perubahan tekanan turgor akibat pemberian rangsang.
Beberapa bentuk nasti :
- Niktinasti Þ rangsang berupa gelap
- Seismonasti Þ rangsang sentuhan atau mekanik
- nasti kompleks Þ rangsang tidak hanya satu
Contoh : gerak membuka dan menutupnya sel-sel penutup stomata Þ rangsang berupa cahaya, suhu, air, dan zat kimia

3.
Gerak ENDONOM

yaitu gerak yang belum/tidak diketahui sebabnya. Karena belum diketahui sebabnya ada yang menduga tumbuhan itu sendiri yang
menggerakkannya  gerak OTONOM, misalnya aliran plasma sel
( sumber : http://ictsleman.ath.cx )
           


No. 33
Kunci : B

Pembahasan :
Fotosintesis terjadi pada tumbuhan yang berhijau daun (klorofil ). Jaringan pada daun terdiri dari : jaringan epidermis atas, jaringan tiang,jaringan bunga karang, jaringan pengangkut dan jaringan epidermis bawah.
Jaringan epidermis tersusun oleh satu lapis sel pipih dengan diding sel yang tebal dan merupakan lapisan terluar sehingga berfungsi sebagai pelindung. Jaringan ini biasanya dilapisi kutikula ,berlapis lilin atau rambut-rambut untuk mengurangi penguapan serta pada lapisan ini juga terdapat stomata ( mulut daun ) untuk pertukaran gas.
Jaringan tiang ( jaringan palisade ) tersusun oleh sel-sel berbebtuk silindris,tegak,tersusun rapat dan banyak mengandung kloroplas untuk melakukan fotosintesis
Jaringan bunga karang ( jaringan spon ) merupakan jaringan mesofil yang tersusun oleh sel-sel yang bentuknya tidak teratur,memiliki banyak ruang antar sel dan memiliki sedikit klorofil untuk fotosintesis.
Jaringan pengangkut berupa tulang-tulang daun yang dalam bentuk berkas pengangkut yaitu pembuluh kayu (Xylem ) dan pembuluh tapis ( Floem )

No. 34
Kunci : A

Pembahasan :
Dendrit
 
Perhatikan gambar sel saraf berikut ini :






























Inti sel
 





 











Dendrit adalah serabut sel saraf untuk menerima impuls saraf ke badan sel saraf
Badan sel saraf merupakan bagian yang menerima rangsangan dari dendrit dan menyampaikannya ke akson
Akson ( neurit ) adalah serabut untuk menyampaikan impuls saraf keluar sel

No. 35
Kunci : A

Pembahasan :
Hidroponik berasal dari kata hidro artinya air dan ponos artinya kerja. Hidroponik adalah suatu tehnik budi daya tanaman dengan menggunakan media air. Beberapa keuntungan sistem hidroponik :
1.      Tidak memerlukan lahan yang luas, terutama di kota-kota yang memiliki lahan yang terbatas dan dapat dilakukan di dalam ruangan.
2.      Mudah dikontrol terutama terhadap gangguan penyakit dan hama
3.      Pemakaian pupuk dan biaya pemeliharaan dapat diperhitungkan dengan cermat


No. 36
Kunci : C

Pembahasan
Persilangan monohibrid pada peristiwa dominan-resesif yaitu persilangan dengan satu sifat beda dengan salah satu sifat beda dapat menutupi sifat beda yang lainya.misalnya :

            P1           Merah       X      putih
                       
                            MM                    mm

            Gamet       M                       m

            F 1                        Merah
                                        (  Mm )


            F2             Merah          X       Merah
                            Mm                        Mm


 

            Gamet                M                              M
                           m                              m


       
M
m

M
MM
Merah

Mm
Merah
m
Mm
Merah
mm
Putih


            Perbandingan fenotip  : merah  :  Putih
                                                :    3        :    1
           
            Perbandingan Genotip :   MM   :   Mm   :   mm
                                                 :     1      :     2      :     1

No. 37

Kunci : D

Pembahasan :
Penerapan biotehnologi konvensional dilakukan dengan memanfaatkan mikroorganisme,seperti bakteri dan jamur dalam membuat jenis bahan makanan dan minuman.
Jenis mikroorganisme dan bahan makanan atau minuman yang dihasilkan berikut ini :
           
No.
Jenis mikroorganisme
Bahan makanan atau minuman
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12

Aspergillus oryzae
Aspergillus wentii
Aspergillus soyae
Rhizopus oryzae
Neurospora sitophila
Steptococcus thermophillus
Lactobacillus vulgaris
Lactobacillus vulgaris
Lactobacillus lactis
Streptococcus lactis
Saccharomyces cerevisiae
Acetobacter xylinum
Kecap
Kecap
Shoyu ( Jepang )
Tempe
Oncom
Yoghurt
Yoghurt
Keju
Keju
mentega
tape,roti,kue anggur bir
Nata de coco


No. 38

Kunci : D

Pembahasan :
Ciri-ciri hewan mamalia yang hidup di air adalah :
1.      Bergerak dengan sirip
2.      Bentuk tubuh lonjong ( stream line ) seperti torpedo
3.      Bernafas dengan paru-paru
4.      Secara berkala muncul kepermukaan air untuk menghembuskan udara pernafasan
5.      Memilki kelenjar susu untuk menyusui anaknya
Bersirip dan memilki bentuk lonjong seperti torpedo merupakan adaptasi morfologi hewan ini hidup diair.Sedangkan secara berkala muncul kepermuan air untuk menghembuskan udara pernafasan merupakan adaptasi prilaku hidup dalam air

No. 39

Kunci : C

Pembahasan ;
GEJALA KLINIS PENYALAHGUNAAN NAPZA( Narkotika,Psikotropika dan Zat Adiktif )
1. Perubahan Fisik
Gejala fisik yang terjadi tergantung jenis zat yang digunakan, tapi secara umum dapat digolongkan sebagai berikut :
 Pada saat menggunakan NAPZA : jalan sempoyongan, bicara pelo (cadel), apatis (acuh tak acuh), mengantuk, agresif,curiga
Bila kelebihan disis (overdosis) : nafas sesak,denyut jantung dan nadi lambat, kulit teraba dingin, nafas lambat/berhenti, meninggal.
Bila sedang ketagihan (putus zat/sakau) : mata dan hidung berair,menguap terus menerus,diare,rasa sakit diseluruh tubuh,takut air sehingga malas mandi,kejang, kesadaran menurun.
Pengaruh jangka panjang, berat badan turun drastis
 mata terlihat cekung dan merah, muka pucat, dan bibir kehitam-hitaman penampilan tidak sehat,tidak peduli terhadap kesehatan dan kebersihan, gigi tidak terawat dan kropos, terhadap bekas suntikan pada lengan atau bagian tubuh lain (pada pengguna dengan jarum suntik)
2. Perubahan Sikap dan Perilaku
 Prestasi sekolah menurun,sering tidak mengerjakan tugas sekolah,sering membolos,pemalas,kurang bertanggung jawab dan hilangnya kepercayaan diri
Pola tidur berubah,begadang,sulit dibangunkan pagi hari,mengantuk dikelas atau tempat kerja.
 
Sering mengurung diri, berlama-lama dikamar mandi, menghindar bertemu dengan anggota keluarga lain dirumah
,penghayal, sikapnya cenderung jadi manipulatif dan tiba-tiba tampak manis bila ada maunya,  seperti saat membutuhkan uang untuk beli obat, sering berbohong dan ingkar janji dengan berbagai macam alas an, mengalami jantung berdebar-debar,sering menguap, mengeluarkan air mata berlebihan,  mengeluarkan keringat berlebihan  sering mengalami mimpi buruk,  mengalami nyeri kepala,  mengalami nyeri/ngilu sendi-sendi
Sering mendapat telepon dan didatangi orang tidak dikenal oleh keluarga,kemudian menghilang  Sering berbohong dan minta banyak uang dengan berbagai alasan tapi tak  jelas penggunaannya, mengambil dan menjual barang berharga milik sendiri atau milik keluarga, mencuri, mengompas terlibat tindak kekerasan atau berurusan dengan polisi.
Sering bersikap emosional, mudah tersinggung, marah, kasar sikap bermusuhan, pencuriga, tertutup dan penuh rahasia
 ( Sumber : makalahpsikologi.blogspot.com )

No. 40

Kunci : B

Pembahasan :
Zat Aditif adalah bahan yang ditambahkan ke makanan dalam jumlah sedikit untuk memperbaiki warna,bentuk,cata rasa, tekstur, atau memperpanjang masa penyimpanan.
Zat aditif dalam makanan berdasarkan tujuan atau kegunaanya dapat dibedakan diantaranya :
Zat pewarna,pemanis dan bahan pengawet.Berdasarkan Peraturan Menteri  Kesehatan RI No. 722/Menkes/Per/IX/1988 tentang Bahan Tambahan Makanan pada lampiran 5 meliputi :
1.      Pemanis buatan
No
Nama bahan tambahan makanan
Jenis / bahan makanan
1
2



3



4
Aspartam
Sakaran ( dan garam natrium )


Siklamat ( Garam natrium dan garam kalsium )


Sorbitol


-       Makanan berkalori rendah : Permen karet,permen,saus,es krim,es lilin,jem dan jeli,minuman ringan,minuman yoghurt dan minuman ringan fermentasi
-       Makanan berkalori rendah : Permen karet,permen,saus,es krim,es lilin,jem dan jeli,minuman ringan,minuman yoghurt dan minuman ringan fermentasi
-       Kismis,jem dan jeli


2.      Pengawet
No.
Nama bahan tambahan makanan
Jenis / bahan makanan
1.

2.


3.
4.



5.

6.




7.



8.

9.
10.
11.
12.


13.

14.
15.


16.



17.
18.
19.

Asam Benzoat

Asam propionat , Kalsium propionat dan natrium propionat
Asam sorbat
Belerang dioksida



Etil p-Hidroksi benzoat

Kalium benzoat




Kalium bisulfit , kalium sulfit,natrium bisulfit dan natrium sulfit

Kalium metabisulfit dan natrium metasulfit
Kalium nitrat
Kalium nitrit
Kalium propionat
Kalium sorbat


Kalium benzoat

Kalsium sorbat
Metil p-Hidroksibenzoat dan Propil p- hidroksibenzoat
Natrium benzoat



Natrium nitrat
Natrium nitrit
Nisin
-       Kecap,minuman ringan,acar ketimun dalam botol, Margarin, Pekatan sari nanas dan saus tomat
-       Sediaan keju olahan,roti


-       Sediaan keju olahan
-       Acarketimun dalam botol,Jem dan jeli,marmalad,pekatan sari buah,pasta tomat,gula bubuk,gula pasir,vinegar,sirop,bir; minuman ringan,anggur,sosia,ekstak kopi kering, gelatin
-       Jem dan jeli

-       Acar ketimun dalam botol,keju,margarin,aprikot yang dikeringkan,jem dan jeli,marmalad,pekatan sari nanas,sirop,saus tomat,angurbuah dan minuman beralkohol, dan makanan lainya ; daging, ikan dan unggas
-       Potongan kentang goreng beku,udang beku, pekatan sari nanas


-       Potongan kentang goreng beku, udang beku

-       Daging olahan; daging awetan, keju
-       Daging olahan; daging awetan, kornet kalengan
-       Sediaan keju olahan
-       Sediaan keju olahan,keju,margarin,aprikot yang sudah dikeringkan,acar ketimun dalam botol,jem dan jeli, marmalad, pekatan sari nanas
-       Pekatan sari nanas, saus tomat; sirop;pekatan sari buah, anggur; anggur buah dan minuman beralkohol
-       Margarin, Pekatan sari nanas
-       Jem dan jeli , acar ketimun dalam botol, kecap,ektrak kopi cair,pasta tomat sari buah,

-       Pekatan sari nanas, saus tomat; sirop;pekatan sari buah, anggur; anggur buah dan minuman beralkohol, jemdan jeli, kecap,minuman ringan,saus tomat
-       Daging olahan;daging awetan, keju
-       Daging olahan;daging awetan, Kornet kalengan
-       Sediaan keju olahan


3.      Pewarna
a.      Pewarna alam
No
Nama bahan tambahan makanan
Jenis / bahan makanan
1


2.


3.


4.

5

6.
7.


8.
9.

10.

11.

12
Anato ( Anato CI natural orange 4 )

Beta-Apo-8-karotenal dan etil beta-apo-8- karotenoat

Kantasantin


Karamel amonium sulfit proses
Karamel

Karmin
Beta karoten


Klorofil ( natural green 3 )
Klorofil tembaga komplex

Kurkumin( Natural yelow 3 )
Riboflavin

Titanium dioksida
-        Es krim,keju, lemak dan minyak makan ; minyak kacng,minyak kelapa, margarin; mentega,sediaan keju olahan
-        Es krim,jem,jeli,sirop,pekatan sari buah, lemak dan minyak makan,minyak kacang, minyak kelapa, margarin
-        Es krim,jem,jeli,udang kalengan,udang beku, lemak dan minyak makan,minyak kacang, minyak kelapa, margarin
-        Jamur kalengan,jem ,jeli,acar ketimun dalam botol,yoghurt, marmalad, es krim
-        Jamur kalengan,jem ,jeli,acar ketimun dalam botol,yoghurt
-        Yohurt beraroma
-        Keju, kapri kalengan, acar ketimun dalam botol, es krim, lemak dan minyak makan,minyak kacang, minyak kelapa, margarin sediaan keju olahan
-        Jem dan jeli , sediaan keju olahan
-        Es krim,   acar ketimun dalam botol, sediaan keju olahan
-        Es krim , lemak dan minyak makan,minyak kacang, minyak kelapa, margarin sediaan keju olahan
-        Acar ketimun dalam botol,keju; sediaan keju olahan,es krim
-        Kembang gula

b.      Pewarna sintetik

No
Nama bahan tambahan makanan
Jenis / bahan makanan
1.

2.
3.


4.


5.

6.

7.

8.

9.
10.


11.


Biru –berlian

Coklat HT dan Hijau S
Eritrosin


Hijau FCF


Indigotin ( CI Food Blue I)
Karmoisin(CI Food Red 3)
Kuning FCF(sunset yellow)
Kuning Kuinolin 9 Food yellow 13)
Merah aleura
Ponceau 4R ( CI Food Red 7 )

Tartrazin
-       Es krim,kapri kalengan,ercis kalengan, acar ketimun dalam botol,jem dan jeli,saus apel kalengan
-       Minuman ringan dan makanan cair
-       Es krim, buah pir kalengan, buah plum kalengan, jem dan jeli, saus apel kalengan,udang kalengan, udang beku,yohurt beraroma, irisan daging olahan
-       Es krim,buah pir kalengan, ercis kalengan,acar ketimun dalam botol,jem,jeli, saus apel kalengan, marmalad
-       Es krim,jem,jeli saus apel kalengan , yohurt beraroma
-       Minuman ringan dan makanan cair,es krim,yohurt beraroma
-       Minuman ringan dan makanan cair, es krim,yohurt beraroma
-       Es krim

-       Minuman ringan dan makanan cair
-       Es krim, makanan ringandan makan cair,yohurt beraroma,buah pir kalengan, buah plum kalengan,jem, jeli,udang kalengan,udang beku
-       Minuman ringan dan makanan cair, es krim, yohurt beraromabuah pir kalengan,ercis kalengan,kapri kalengan,acar ketimun dalam botol,jem,jeli,saus apel kalengan,marmalad, udang kalengan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG 7 K DAN PELAKSANAANNYA

TUGAS PERSONIL SEKOLAH