KISI-KISI MATEMATIKA UN -2012
RUANG
LINGKUP SKL MATEMATIKA
UJIAN
NASIONAL TAHUN 2011-2012
SKL.1
Siswa
mampu menggunakan konsep operasi hitung
dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat dan bentuk akar, aritmetika
sosial, barisan bilangan , serta penggunaannya dalam pemecahan masalah ( BILANGAN )
Indikator (kemampuan yang diuji)
1. Menghitung
hasil operasi tambah, kurang , kali atau
bagi pada bilangan
( Bulat atau pecahan)
a.
Konsep operasi campuran
b. Aplikasi
2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan
a.
Perbandingan senilai
b.
Perbandingan berbalik nilai
c. Aplikasi berkaitan dengan perbandingan
3.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan bilangan
berpangkat atau
bentuk
akar
a. Mengubah bentuk akar ke Pangkat
Pecahan dan
sebaliknya
b. Menentukan hasil perpangkatan
bilangan negative atau pecahan
c. Menentukan hasil penjumlahan
dan pengurangan bilangan bentuk akar
d. Menentukan hasil perkalian dan
pembagian bilangan bentuk akar
e. Merasionalkan pecahan dengan
penyebut bentuk akar
4. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbankan atau koperasi
dalam aritmatika sosial
a.
Angsuran/bulan
b.
Waktu/lama
c.
Bunga
pertahun
d.
Besar
tabungan awal
5. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan barisan bilangan dan deret
a.
Barisan bilangan:
-
Menentukan
Un, jika unsur yang diperlukan diketahui dari barisan bilangan aritmatika
atau geometri
-
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
barisan bilangan aritmatika
-
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
barisan bilangan geometri
b.
Deret
-
Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika atau geometri , jika unsur
yang diperlukan diketahui
-
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan deret aritmatika
-
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan deret
geometri
SKL.
2
Siswa
mampu memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan
linear, persamaan garis, himpunan, relasi fungsi, sistem persamaan linear,
serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( AL-JABAR
)
Indikator (Kemampuan yang diuji)
1. Pemfaktorkan bentuk
aljabar
a.
Faktor
persekutuan
b.
Faktor selisih dua kuadrat atau ax2
+ by2
c.
Bentuka
ax2 + bx + c
2. Menyelesaikan persamaan
linier atau Penyelesaian pertidaksamaan
linier satu
variabel satu variabel (PLSV
atau PtLSV)
a.
PLSV
-
Persamaan linier satu variabel
-
Aplikasi
b.
PtLSV
- Penyelesaian
pertidaksamaan linier satu variabel
- Himpunan
Penyelesaian pertidaksamaan linier satu
variabel
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan himpunan
a. Operasi
himpunan
Irisan, gabungan, komplemen atau
pengurangan dua himpunan
b. Aplikasi
4. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan fungsi
a. Domain, codomain dan range
b. Konsep relasi/fungsi
c. Nilai fungsi
5. Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
a. Gradien
b. Persamaan garis
c. Grafik
6. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV)
a. Konsep
b. Aplikasi
SKL.
3
Siswa
mampu memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( GEOMETRI
)
1.
Menyelesaikan
masalah menggunakan
teorema Pythagoras
a. Menghitung panjang sisi segitiga
b. Penyelesaian
soal-soal menggunakan Pythagoras
2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
a. Luas
gambar gabungan dari dua bangun datar
b. Masalah
yang berkaitan dengan luas
gabungan dua bangun datar
3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
a. Keliling gambar gabungan dari dua bangun datar
b. Masalah yang
berkaitan dengan keliling
bangun datar (aplikasi)
4. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta
sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
a.
Sudut
pada segitiga
b.
Sudut
pada dua garis sejajar
c.
Sudut
pada lingkaran
d.
Sudut
berpelurus atau berpenyiku
e.
Jenis – jenis segitiga
5. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.
-
Garis
berat, garis tinggi, garis bagi dan garis sumbu
6. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan
dua lingkaran.
a.
Menghitung panjang
busur atau luas juring
-.
Diketahui sudut pusat dan jari-jari/diameter
-.
Diketahui dua sudut pusat busur dan panjang salah satu busur atau luas juring
b.
Garis singgung persekutuan
persekutuan 2 lingkaran
- Garis
singgung persekutuan dalam
- Garis
singgung persekutuan luar
7.
Menyelesaikan masalah dengan
menggunakan konsep kesebangunan
atau kongruensi.
a. Kesebangunan
- Identifikasi kesebangunan
(Menentukan sisi bersesuaian atau sudut yang sama)
- Menyelesaikan
masalah berkaitan konsep kesebangunan
(Aplikasi atau pengembangan)
b. Kongruensi .
-.
Identifikasi kongruensi
( Menentukan
panjang sisi yang sama sudut yang sama
besar)
-. Menentukan syarat
kongruensi
8. Menentukan unsur-unsur pada bangun
ruang
a.
Pada
sisi datar
b.
Pada
sisi lengkung
9.
Menyelesaikan
berkaitan dengan model kerangka atau jarring-jaring
bangun ruang
a.
Model
kerangka
b.
Jaring-jaring
10. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan volume bangun ruang
a.
Bangun ruang sisi datar
b.
Bangun ruang sisi lengkung
11. Menyelesaikan masalah yang berkaitan luas permukaan bangun ruang
a. Bangun
ruang sisi datar
b.
Bangun ruang sisi lengkung
SKL. 4
Memahami
konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
(
STATISTIKA )
1.
Menentukan ukuran
pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
a.
Mean,
median dan modus sebuah data
b.
Mean,
median dan modus sebuah data pada tabel frekuensi
c.
Menafsirkan
data pada tabel frekuensi
d.
Aplikasi
2.
Menyajikan
dan menafsirkan data
.
a.
Diagram lingkaran, garis dan batang
SKL. 5
Peserta
didik mampu memahami konsep peluang suatu kejadian, serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah. ( PELUANG )
1. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang
suatu kejadian
a. Peluang suatu kejadian
b. Aplikasi
Teruskan pak....
BalasHapusKapan" main keblog reot saya
oke
BalasHapus