KISI-KISI IPA FISIKA UN-2012

1.Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.   
Indikator
1.Siswa dapat menunjukkan besaran pokok, satuan SI dan alat ukurnya.
2.Siswa dapat membaca hasil pengukuran melalui gambar alat ukur tertentu
3.Disajikan gambar pengukuran suhu dengan dua thermometer berbeda, siswa dapat menghitung suhu pada salah satu thermometer jika skala suhu lainnya diketahui
 2. Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.   
Siswa dapat menentukan jenis benda berdasarkan hasil penghitungan massa jenis melalui gambar pengukuran massa dan volum
Siswa dapat menentukan massa jenis zat berdasarkan pengukuran
3. Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.   
Indikator :
1.Siswa dapat menentukan jumlah kalor yang diperlukan oleh benda pada proses tertentu jika parameter lain diketahui
2.Siswa dapat menentukan kenaikan suhu atau suhu akhir setelah  benda menerima kalor  jika kalor jenis dan massa benda diketahui
 5.  Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
1.Disajikan gambar tuas lengkap dengan bagian-bagiannya, siswa dapat menentukan posisi titik tumpu atau titik beban agar tuas mudah digunakan ( kuasa terkecil )
2.Disajikan gambar tuas dengan data lengan kuasa dan lengan beban, siswa dapat menentukan beban atau kuasa pada tuas jika besaran lain ketahui
 8.  Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.   
Indikator :
1.Diasajikan gabar balok pada sebuah lantai yang diketahui panjang sisi-sisinya, siswa dapat menentukan tekanan balok pada lantai jika masaa benda diketahui
2.Siswa dapat menentukan gaya ke atas jika benda berada dalam zat cair jika besaran lain diketahui
9.  Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang
Indikator.
1.Disajikan gambar ayunan atau pegas yang ditentukan data-datanya, siswa dapat menentukan frekuensi dan amplitudo atau period dan amplitudo.
2.Disajikan gambar gelombang trasversal dengan data-datanya, siswa dapat menentukan cepat rambat gelombang atau panjang gelombang
 10.  Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
 Indikator :
1. Disajikan gambar cara menimbulkan muatan listrik pada benda, siswa dapat menentukan jenis muatan atau arah perpindahaan muatan
2.  Siswa dapat menentukan induksi listrik terhadap elektroscop melalui gambar sebagai pilihan jawaban
 11.  Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari
 
Indikator :
1.Siswa dapat menentukan arah pemantulan sinar istimewa pada cermin atau pembiasan cahaya pada lensa melalui gambar sebagai pilihan jawaban
2.Disaajikan gambar benda di depan cermin cekung atau lensa cembung dengan dat-data yang diperlukan, siswa dapat menentukan perbesaran bayangan
 12.  Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari
 
Indikator :
1. Disajikan gambar cara menimbulkan muatan listrik pada benda, siswa dapat menentukan jenis muatan atau arah perpindahaan muatan
2.  Siswa dapat menentukan induksi listrik terhadap elektroscop melalui gambar sebagai pilihan jawaban
 13.  Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :
1.Disajikan gambar rangkaian penghambat paralel yang diketahui hambatannya dan kuat arus pada salah satu penghambat, siswa dapat menentukan kuat arus pada titik cabang
2.Disajikan gambar rangkaian penghambat seri paralel yang dihubungkan pada sumber tegangan dengan beda tegangan dan hambatan dalam tertentu, siswa dapat menghitung kuat arus pada titik cabang jika besaran lain diketahui
 14.  Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari 
 
Indikator :
1.Menentukan salah satu variabel dari rumus energi W = V . I . t
2.Disajikan gambar pesawat listrik yang dicantumkan daya dan tegangannya, siswa dapat menentukan hambatannya
 
15.  Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan 
 Indikator :
1.  Siswa dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet melalui gambar sebagai pilihan
2.  Disajikan gambar pembuatan magnet (induksi, elektromagnet atau gosokan magnet), siswa dapat menentukan kutub-kutub magnet yang dihasilkan.
 16.  Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.   
Indikator :
1.Disajikan gambar peristiwa induksi elektromagnet, siswa dapat menjelaskan saat terjadinya ggl induksi
2.Disajikan data atau tabel tentang besaran-besaran pada trafo, siswa dapat menentukan jenis trafo step up atau stepdown atau menentukan salah satu besaran pada trafo,melalui rumus : VP/VP =NP/NS =Is/Ip
 17.  Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari 
Indikator :
1.Siswa dapat menentukan posisi matahari-bumi-bulan pada saat terjadi gerhana matahari atau gerhanabulan
2.Menjelaskan akibat terjadinya revolusi bumi atau rotasi bumi
3.Menjelaskan akibat terjadinya penipisan lapisan ozon bagi kesehatan dan lingkungan hidup
 18.  Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari 
Indikator :
1.  Disajikan sifat-sifat zat, siswa dapat menunjukkan sifat kimia atau sifat fisika zat
20.  Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan
Indikator :
1.Disajikan contoh perubahan suatu benda, siswa dapat menunjukkan perubahan kimia atau perubahan fisika berdasarkan pembentukan materi setelah perubahan

Komentar

  1. apa kabar pak ! siiiplah....piye kabare kebumen....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG 7 K DAN PELAKSANAANNYA

TUGAS PERSONIL SEKOLAH

PEMHASAN KUNCI UN IPA PAKET :C4-44 JAKARTA BARAT