SKL IPA SMP 2012

SALINAN
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 34
TAHUN 2007 TANGGAL 5 NOPEMBER 2007

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN UJIAN NASIONQL TAHUN 2012   (SKL UN 2008)
ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
URAIAN
SOAL UN UTAMA P14
1
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Besaran dan satuan

1.    Perhatikan tabel berikut!
No.
Besaran
Alat Ukur
Satuan
1
Massa
Neraca
Gram
2
Panjang
Jangka sorong
Meter
3
Suhu
Termometer
Fahrenheit
4
Kuat arus
Ammeter
ampere
Besaran dan satuan dalam SI maupun alat ukur yang benar ditunjukkan pada nomor…
  1. 1, 2, 3, dan 4
  2. 1, 2, dan 3
  3. 1 dan 3
  4. 2 dan 4
 Pengukuran
2.    Perhatikan gambar berikut!
Hasil pengukuran panjang lidi tersebut adalah…
  1. 28,5 cm
  2. 28,0 cm
  3. 17,5 cm
  4. 11,0 cm
2
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan seharihari.
Wujud zat

 Massa jenis
3.    Perhatikan gambar!
Jika massa balok tersebut di atas 200 gram, maka massa jenisnya adalah…
  1. 40 gram/cm3
  2. 20 gram/cm3
  3. 10 gram/cm3
  4. 5 gram/cm3
 Pemuaian

4.    Perhatikan perilaku kehidupan sehari-hari berikut!
1)    Memasang kawat listrik tegangan tinggi dibuat kendur di saat cuaca panas
2)    Menyambungkan pelat besi pada pembuatan kapal laut dengan cara dilas
3)    Memberikan celah pada sambungan rel kereta api
4)    Membuat kabel listrik dari bahan tembaga
Perilaku yang bermaksud untuk dapat mengatasi dampak negative dari pemuaian dan penyusutan, ditunjukkan oleh nomor….
  1. 1 dan 2
  2. 3 dan 4
  3. 2 dan 4
  4. 1 dan 3





 Kalor dan perpindahan kalor
5.    Perhatikan gambar!
Bila tiga pipa dimasukkan ke dalam kotak kaca yang tertutup seperti pada gambar, asap gulungan kertas ditempatkan di ujung pipa B dan masuk melalui pipa tersebut, maka asap tersebut akan keluar lagi melalui pipa A dan pipa C seperti terlihat pada gambar. Peristiwa ini terjadi karena adanya perpindahan kalor secara….
  1. konveksi
  2. konduksi
  3. induksi
  4. radiasi






3
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan seharihari.
Gerak lurus, gaya, dan percepatan
6.    Perhatikan peristiwa sehari-hari berikut!
1)    Bola jatuh bebas ke permukaan bumi
2)    Bola menggelinding di atas pasir
3)    Bola menuruni bidang miring licin
4)    Bola dilempar vertical ke atas
Contoh gerak lurus berubah beraturan dipercepat dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan pada nomor….
  1. 1 dan 3
  2. 1 dan 2
  3. 2 dan 4
  4. 3 dan 4
Tekanan pada benda padat, cair, dan gas

7.    Perhatikan gambar berikut!
Tiga orang petani pergi ke lading melewati ruas jalan seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas. Ternyata kedalaman jejak kaki C lebih dalam dari jejak kaki B, dan jejak kaki B lebih dalam dari jejak kaki A.
Jika luas penampang kaki mereka sama maka perbandingan berat petani tersebut adalah….
  1. petani A > petani B > petani C
  2. petani A > petani B < petani C
  3. petani A < petani B < petani C
  4. petani A < petani B > petani C


Perubahan bentuk energi
8.    Ketika sebuah pegas direntangkan dengan tangan, kemudian lepas kembali, maka perubahan energi yang terjadi adalah….
  1. energi mekanik menjadi energi kinetik
  2. energi potensial menjadi energi kinetik
  3. energi kinetik menjadi energi potensial
  4. energi mekanik menjadi energi potensial
 Usaha dan energi
9.    Perhatikan gambar!
Jika benda berpindah sejauh 4 meter ke kanan, maka usaha yang dilakukan sebesar….
  1. 16 joule
  2. 24 joule
  3. 64 joule
  4. 100 joule













Pesawat sederhana
10. Perhatikan gambar!
Jika lengan bebannya 50 cm, maka gaya (F) yang diperlukan agar tuas menjadi seimbang adalah…
  1. 300 N
  2. 240 N
  3. 48 N
  4. 24 N
4
Memahami konsep-konsep dan
penerapan getaran, gelombang, bunyi dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
Getaran dan gelombang

11. Perhatikan gambar!
Bila waktu yang ditempuh gelombang seperti pada gambar adalah 0,3 sekon, maka periode gelombang tersebut adalah…
  1. 0,2 s
  2. 0,9 s
  3. 2,0 s
  4. 5,0 s
Bunyi

Optik geometrik (cahaya)
12. Kaca spion mobil menggunakan cermin cembung, karena bayangan yang dibentuk selalu….
  1. nyata, terbalik, diperkecil
  2. nyata, tegak, diperkecil
  3. maya, tegak, diperkecil
  4. maya, terbalik, diperkecil
Alat-alat optik
13. Perhatikan gambar dibawah ini yang menunjukkan mata melihat benda dekat!
Berdasarkan bayangan benda yang terbentuk sebelum dan sesudah memakai kacamata, maka cacat mata dan jenis lensa yang digunakan adalah…

Cacat mata
Lensa Kacamata L
A
Hipermetropi
Cembung
B
Miopi
Cekung
C
Astigmatisme
Silindris
D
Presbiopi
Rangkap







5
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Listrik statis

14. Seorang siswa menginginkan batang kaca tampak seperti pada gambar menjadi bermuatan listrik positif. Untuk itu, ia melakukan penggosokan batang kaca tersebut dengan dua macam kain secara bergantian.
Peristiwa yang terjadi akibat penggosokan tersebut adalah….
  1. elektron dari kain I berpindah ke kaca
  2. elektron dari kain II berpindah ke kaca
  3. elektron dari kaca berpindah ke kain I
  4. elektron dari kaca berpindah ke kain II











Listrik dinamis
15. Jika ketiga hambatan berikut masing-masing besarnya sama yaitu 2 Ω, maka rangkaian manakah yang menghasilkan arus listrik (I) sebesar 4 ampere?
Energi dan daya listrik
16. Tiga buah alat listrik yaitu computer, lampu, dan setrika menggunakan daya masing-masing 200 W, 60 W, dan 40 W digunakan selama 10 jam. Bila harga 1 kWh = Rp 600,00 maka rekening yang harus dibayar selama waktu tersebut sebesar….
  1. Rp 600,00
  2. Rp 1.200,00
  3. Rp 1.800,00
  4. Rp 2.200,00






Kemagnetan
17. Batang besi akan dibuat menjadi magnet dengan cara seperti gambar di bawah ini:
Kutub-kutub magnet yang terjadi dan sifat kemagnetan yang terbentuk pada batang besi adalah…
  1. A = Kutub Utara, B = Kutub Selatan, sementara
  2. A = Kutub Selatan, B = Kutub utara, permanen
  3. A = Kutub Utara, B = Kutub Selatan, permanent
  4. A = Kutub Selatan, B = Kutub utara, sementara
Induksi elektromagnetik
18. Perhatikan bagian transformator di bawah ini!
Tegangan sekunder yang dapat dihasilkan transformator tersebut adalah…
  1. 120 volt
  2. 170 volt
  3. 220 volt
  4. 280 volt
6
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.
Sistem tata surya
19. Perhatikan gambar susunan tata surya berikut!
Planet yang terkenal dengan cincinnya, berada diantara dua planet bernomor….
  1. 3 dan 5
  2. 4 dan 6
  3. 5 dan 7
  4. 6 dan 8
Matahari sebagai bintang

Gerakan bumi (rotasi dan revolusi)
20. Di belahan bumi utara angin membelok ke kanan dan di belahan selatan angin membelok ke kiri. Pembelokan arah angina adalah pengaruh dari….
  1. rotasi bumi
  2. revolusi bumi
  3. pasang surut air laut
  4. gerhana bulan dan gerhana matahari
Gerhana, pasang naik, dan pasang surut






7
Mendeskripsikan ciri-ciri dan
keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
Ciri-ciri makhluk hidup
21. Pada saat udara panas, tubuh kita akan mengeluarkan keringat. Peristiwa ini merupakan salah satu cirri-ciri makhluk hidup, yaitu…
  1. ekskresi
  2. adaptasi
  3. respirasi
  4. reproduksi
Pengelompokan makhluk hidup
22. Perhatikan gambar!
Kelompok hewan lunak adalah….
  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 2 dan 4
Keragaman pada tingkat organisasi kehidupan

Keanekaragaman makhluk hidup dan upaya
pelestariannya

Komponen ekosistem, peran dan interaksinya.
23. Beberapa siswa mengamati kolam yang ada disekitar sekolah, yang di dalamnya terdapat sejumlah ikan yaitu ikan mas. Ikan mujair, ada yang besar dan beberapa masih kecil. Sekelompok ikan mas dalam kolam disebut…
  1. individu
  2. populasi
  3. komunitas
  4. ekosistem

Pengelolaan lingkungan untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan.
24. Perhatikan gambar pencemaran berikut ini!
Untuk mengatasi kasus pencemaran tersebut dapat diambil salah satu cara yaitu limbah pabrik kertas harus….
  1. disalurkan ke laut
  2. disalurkan ke sungai
  3. disalurkan ke sawah
  4. dtampung di suatu tempat pengolahan
Hubungan antara kepadatan populasi manusia
dengan lingkungan
25. Perhatikan grafik berikut!
Berdasarkan grafik di atas, populasi penduduk mengalami kekurangan pangan pada tahun….
  1. 1600
  2. 1700
  3. 1800
  4. 1900
8
Mengkaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada
tumbuhan dan manusia.
Sistem gerak pada manusia
26. Perhatikan gambar berikut ini!
Sesuai gambar di atas, otot-otot lengan atas yang terlibat dalam gerakan tersebut adalah….
  1. otot dada dan otot perut
  2. otot bisep dan otot trisep
  3. otot trisep dan otot dada
  4. otot bisep dan otot perut
Sistem pencernaan pada manusia

Sistem pernapasan pada manusia
27. Perhatikan grafik pernafasan pada manusia berikut ini!
UR: Udara Residu, EM: Ekspirasi Maksimum, UP: Udara Pernafasan normal, IM: Inspirasi Maksimum.
Jumlah udara yang keluar masuk saat manusia bernafas adalah….
  1. 0,5 liter
  2. 1,2 liter
  3. 4,8 liter
  4. 6,0 liter
Sistem peredaran darah pada manusia
28. Perhatikan skema berikut ini!

Zat yang ditunjuk dengan huruf X dan Z adalah…
  1. vit K dan Ca++
  2. ion Ca++ dan trombin
  3. ion Ca++ dan fibrin
  4. trombin dan fibrin
Sistem ekskresi pada manusia
29. Perhatikan gambar berikut ini!
Fungsi bagian penampang kulit yang berlabel P adalah….
  1. mengeluarkan keringat dan pelindung tubuh dari serangan kuman
  2. mengatur suhu tubuh dan menjaga agar pengeluaran air tidak berlebihan
  3. mencegah kekeringan dan mengerutnya kulit
  4. tempat cadangan makanan dalam bentuk lemak
Sitem saraf pada manusia
30. Kerusakan sel saraf telinga karena mendengar  musik “ heavy metal ” terlalu keras menyebabkan penyakit….
  1. osteoklerosis
  2. presbikusis
  3. serumen
  4. otitis
Struktur dan fungsi tubuh tumbuhan
31. Perhatikan gambar irisan melintang batang tumbuhan berikut ini!
Bagian yang berfungsi mengedarkan makanan ke seluruh jaringan tumbuhan adalah nomor….
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Macam-macam gerak pada tumbuhan
32. Perhatikan gambar gerak daun sikejut berikut ini!
Gerak seperti pada gambar disebut
  1. termonasti
  2. niktinasti
  3. kemotaksis
  4. tigmotropisme
Proses perolehan nutrisi pada tumbuhan
33. Perhatikan tabel hasil percobaan uji makanan!
No.
Bahan Makanan
Zat Penguji
Warna Setelah Ditetesi Zat Penguji
1
P
Biuret
Ungu
2
Q
Lugol
Merah bata
3
R
Fehling AB
Violet
4
S
Lugol
Biru tua

Berdasarkan data di atas, bahan makanan yang mengandung protein dan amilum berturut-turut adalah….
  1. P dan Q
  2. P dan R
  3. P dan S
  4. R dan S
9
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan
hidup dan pewarisan sifat pada
organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Pertumbuhan dan perkembangan
34. Perhatikan rangkaian alat percobaan fotosintesis berikut!
Pada gambar tampak bahwa dari tumbuhan yang berada dalam air, muncul gelombang udara dan mengisi tabung reaksi di atasnya. Dari percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa fotosintesis menghasilkan….
  1. karbondioksida
  2. karbohidrat
  3. oksigen
  4. glukosa
Kelangsungan hidup organisme
35. Perhatikan fakta yang ada di alam berikut ini!
1)    Tubuh binatang landak yang berduri
2)    Sekelompok belalang cokelat di padang rumput hijau
3)    Katak berada di bawah liang tanah yang sejuk dan lembab
4)    Tumbuhan tertentu menggugurkan daunnya di musim kemarau
Dari fakta organisme yang berpeluang bisa lolos dari seleksi alam, sehingga mampu melanjutkan keturunan adalah nomor….
  1. 1, 2, dan 3
  2. 1, 2, dan 4
  3. 1, 3 dan 4
  4. 2, 3, dan 4
Cara-cara reproduksi
36. Amati gambar berikut ini!
Janin usia 36 hingga 40 minggu mempunyai karakteristik yang berbeda dengan tahapan perkembangan sebelumnya, karena pada usia ini ….
a.     paru-paru belum berfungsi
b.     kepala bayi sudah proporsional
c.     jantung bayi sudah berdetak kuat
d.     dapat membedakan antara terang dan gelap
Teknologi reproduksi, hubungannya dengan
lingkungan dan masyarakat
37. Rekayasa reproduksi dengan mengubah urutan informasi genetic di dalam kromosom akan menghasilkan individu baru disebut….
  1. hibridisasi
  2. cloning
  3. transgenic
  4. rekombinasi

38. Manfaat yang diperoleh manusia dari perbanyakan tanaman secara kultur jaringan adalah…
  1. memanfaatkan lahan yang masih kosong dan lapang
  2. sifat yang dimiliki tanaman merupakan sifat yang lebih unggul dari induk
  3. mendapatkan tanaman yang menghasilkan buah lebih banyak
  4. tanaman yang dihasilkan sangat banyak dan bersifat sama dengan induk
10
Mengindentifikasi bahan kimia alami dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.
Bahan kimia dalam bahan makanan
39. Perhatikan gambar berikut ini!
Zat adiktif yang sebenarnya berbahaya bagi tubuh manusia tetapi dipergunakan untuk mengawetkan makanan pada gambar adalah….
  1. siklamat
  2. benzoate
  3. formalin
  4. monosodium







Zat aditif dan psikotropika
40. Ciri-ciri korban ketergantungan psikotropika:
1)    Merasa rileks
2)    Pupil mata menyempit
3)    Tekanan darah menurun
4)    Denyut urat nadi melambat
5)    Menimbulkan rasa gembira berlebihan
Ciri-ciri fisik korban ketergantungan psikotropika pengguna heroin adalah
  1. 1, 2, dan 3
  2. 2, 3, dan 4
  3. 3, 4, dan 5
  4. 4, 5, dan 1




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG 7 K DAN PELAKSANAANNYA

TUGAS PERSONIL SEKOLAH

PEMHASAN KUNCI UN IPA PAKET :C4-44 JAKARTA BARAT