SKL IPA SMP 2012
SALINAN
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 34
TAHUN 2007 TANGGAL 5 NOPEMBER 2007
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN UJIAN NASIONQL TAHUN 2012 (SKL UN 2008)
ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
URAIAN
|
SOAL UN UTAMA P14
| ||||||||||||||||||||
1
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Besaran dan satuan
|
1. Perhatikan tabel berikut!
Besaran dan satuan dalam SI maupun alat ukur yang benar ditunjukkan pada nomor…
| ||||||||||||||||||||
Pengukuran
|
2. Perhatikan gambar berikut!
Hasil pengukuran panjang lidi tersebut adalah…
| ||||||||||||||||||||||
2
|
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan seharihari.
|
Wujud zat
| |||||||||||||||||||||
Massa jenis
|
3. Perhatikan gambar!
Jika
| ||||||||||||||||||||||
Pemuaian
|
4. Perhatikan perilaku kehidupan sehari-hari berikut!
1) Memasang kawat listrik tegangan tinggi dibuat kendur di saat cuaca panas
2) Menyambungkan pelat besi pada pembuatan kapal laut dengan cara dilas
3) Memberikan celah pada sambungan rel kereta api
4) Membuat kabel listrik dari bahan tembaga
Perilaku yang bermaksud untuk dapat mengatasi dampak negative dari pemuaian dan penyusutan, ditunjukkan oleh nomor….
| ||||||||||||||||||||||
Kalor dan perpindahan kalor
|
5. Perhatikan gambar!
Bila tiga pipa dimasukkan ke dalam kotak kaca yang tertutup seperti pada gambar, asap gulungan kertas ditempatkan di ujung pipa B dan masuk melalui pipa tersebut, maka asap tersebut akan keluar lagi melalui pipa A dan pipa C seperti terlihat pada gambar. Peristiwa ini terjadi karena adanya perpindahan kalor secara….
| ||||||||||||||||||||||
3
|
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan seharihari.
|
Gerak lurus, gaya, dan percepatan
|
6. Perhatikan peristiwa sehari-hari berikut!
1) Bola jatuh bebas ke permukaan bumi
2) Bola menggelinding di atas pasir
3) Bola menuruni bidang miring licin
4) Bola dilempar vertical ke atas
Contoh gerak lurus berubah beraturan dipercepat dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan pada nomor….
| ||||||||||||||||||||
Tekanan pada benda padat, cair, dan gas
|
7. Perhatikan gambar berikut!
Tiga orang petani pergi ke lading melewati ruas jalan seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas. Ternyata kedalaman jejak kaki C lebih dalam dari jejak kaki B, dan jejak kaki B lebih dalam dari jejak kaki A.
Jika luas penampang kaki mereka sama maka perbandingan berat petani tersebut adalah….
| ||||||||||||||||||||||
Perubahan bentuk energi
|
8. Ketika sebuah pegas direntangkan dengan tangan, kemudian lepas kembali, maka perubahan energi yang terjadi adalah….
| ||||||||||||||||||||||
Usaha dan energi
|
9. Perhatikan gambar!
Jika benda berpindah sejauh 4 meter ke kanan, maka usaha yang dilakukan sebesar….
| ||||||||||||||||||||||
Pesawat sederhana
|
10. Perhatikan gambar!
Jika lengan bebannya 50 cm, maka
| ||||||||||||||||||||||
4
|
Memahami konsep-konsep dan
penerapan getaran, gelombang, bunyi dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
|
Getaran dan gelombang
|
11. Perhatikan gambar!
Bila waktu yang ditempuh gelombang seperti pada gambar adalah 0,3 sekon, maka periode gelombang tersebut adalah…
| ||||||||||||||||||||
Bunyi
| |||||||||||||||||||||||
Optik geometrik (cahaya)
|
12. Kaca spion mobil menggunakan cermin cembung, karena bayangan yang dibentuk selalu….
| ||||||||||||||||||||||
Alat-alat optik
|
13. Perhatikan gambar dibawah ini yang menunjukkan mata melihat benda dekat!
Berdasarkan bayangan benda yang terbentuk sebelum dan sesudah memakai kacamata, maka cacat mata dan jenis lensa yang digunakan adalah…
| ||||||||||||||||||||||
5
|
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Listrik statis
|
14. Seorang siswa menginginkan batang kaca tampak seperti pada gambar menjadi bermuatan listrik positif. Untuk itu, ia melakukan penggosokan batang kaca tersebut dengan dua macam kain secara bergantian.
Peristiwa yang terjadi akibat penggosokan tersebut adalah….
| ||||||||||||||||||||
Listrik dinamis
|
15. Jika ketiga hambatan berikut masing-masing besarnya sama yaitu 2 Ω, maka rangkaian manakah yang menghasilkan arus listrik (I) sebesar 4 ampere?
| ||||||||||||||||||||||
Energi dan daya listrik
|
16. Tiga buah alat listrik yaitu computer, lampu, dan setrika menggunakan daya masing-masing 200 W, 60 W, dan 40 W digunakan selama 10 jam. Bila harga 1 kWh = Rp 600,00 maka rekening yang harus dibayar selama waktu tersebut sebesar….
| ||||||||||||||||||||||
Kemagnetan
|
17. Batang besi akan dibuat menjadi magnet dengan cara seperti gambar di bawah ini:
Kutub-kutub magnet yang terjadi dan sifat kemagnetan yang terbentuk pada batang besi adalah…
| ||||||||||||||||||||||
Induksi elektromagnetik
|
18. Perhatikan bagian transformator di bawah ini!
Tegangan sekunder yang dapat dihasilkan transformator tersebut adalah…
| ||||||||||||||||||||||
6
|
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.
|
Sistem tata surya
|
19. Perhatikan gambar susunan tata surya berikut!
Planet yang terkenal dengan cincinnya, berada diantara dua planet bernomor….
| ||||||||||||||||||||
Matahari sebagai bintang
| |||||||||||||||||||||||
Gerakan bumi (rotasi dan revolusi)
|
20. Di belahan bumi utara angin membelok ke kanan dan di belahan selatan angin membelok ke kiri. Pembelokan arah angina adalah pengaruh dari….
| ||||||||||||||||||||||
Gerhana, pasang naik, dan pasang surut
| |||||||||||||||||||||||
7
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan
keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Ciri-ciri makhluk hidup
|
21. Pada saat udara panas, tubuh kita akan mengeluarkan keringat. Peristiwa ini merupakan salah satu cirri-ciri makhluk hidup, yaitu…
| ||||||||||||||||||||
Pengelompokan makhluk hidup
|
22. Perhatikan gambar!
Kelompok hewan lunak adalah….
| ||||||||||||||||||||||
Keragaman pada tingkat organisasi kehidupan
| |||||||||||||||||||||||
Keanekaragaman makhluk hidup dan upaya
pelestariannya
| |||||||||||||||||||||||
Komponen ekosistem, peran dan interaksinya.
|
23. Beberapa siswa mengamati kolam yang ada disekitar sekolah, yang di dalamnya terdapat sejumlah ikan yaitu ikan mas. Ikan mujair, ada yang besar dan beberapa masih kecil. Sekelompok ikan mas dalam kolam disebut…
| ||||||||||||||||||||||
Pengelolaan lingkungan untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
24. Perhatikan gambar pencemaran berikut ini!
Untuk mengatasi kasus pencemaran tersebut dapat diambil salah satu cara yaitu limbah pabrik kertas harus….
| ||||||||||||||||||||||
Hubungan antara kepadatan populasi manusia
dengan lingkungan
|
25. Perhatikan grafik berikut!
Berdasarkan grafik di atas, populasi penduduk mengalami kekurangan pangan pada tahun….
| ||||||||||||||||||||||
8
|
Mengkaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada
tumbuhan dan manusia.
|
Sistem gerak pada manusia
|
26. Perhatikan gambar berikut ini!
Sesuai gambar di atas, otot-otot lengan atas yang terlibat dalam gerakan tersebut adalah….
| ||||||||||||||||||||
Sistem pencernaan pada manusia
| |||||||||||||||||||||||
Sistem pernapasan pada manusia
|
27. Perhatikan grafik pernafasan pada manusia berikut ini!
Jumlah udara yang keluar masuk saat manusia bernafas adalah….
| ||||||||||||||||||||||
Sistem peredaran darah pada manusia
|
28. Perhatikan skema berikut ini!
Zat yang ditunjuk dengan huruf X dan Z adalah…
| ||||||||||||||||||||||
Sistem ekskresi pada manusia
|
29. Perhatikan gambar berikut ini!
Fungsi bagian penampang kulit yang berlabel P adalah….
| ||||||||||||||||||||||
Sitem saraf pada manusia
|
30. Kerusakan sel saraf telinga karena mendengar musik “ heavy metal ” terlalu keras menyebabkan penyakit….
| ||||||||||||||||||||||
Struktur dan fungsi tubuh tumbuhan
|
31. Perhatikan gambar irisan melintang batang tumbuhan berikut ini!
Bagian yang berfungsi mengedarkan makanan ke seluruh jaringan tumbuhan adalah nomor….
| ||||||||||||||||||||||
Macam-macam gerak pada tumbuhan
|
32. Perhatikan gambar gerak daun sikejut berikut ini!
Gerak seperti pada gambar disebut
| ||||||||||||||||||||||
Proses perolehan nutrisi pada tumbuhan
|
33. Perhatikan tabel hasil percobaan uji makanan!
Berdasarkan data di atas, bahan makanan yang mengandung protein dan amilum berturut-turut adalah….
| ||||||||||||||||||||||
9
|
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan
hidup dan pewarisan sifat pada
organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
Pertumbuhan dan perkembangan
|
34. Perhatikan rangkaian alat percobaan fotosintesis berikut!
Pada gambar tampak bahwa dari tumbuhan yang berada dalam air, muncul gelombang udara dan mengisi tabung reaksi di atasnya. Dari percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa fotosintesis menghasilkan….
| ||||||||||||||||||||
Kelangsungan hidup organisme
|
35. Perhatikan fakta yang ada di alam berikut ini!
1) Tubuh binatang landak yang berduri
2) Sekelompok belalang cokelat di
3) Katak berada di bawah liang tanah yang sejuk dan lembab
4) Tumbuhan tertentu menggugurkan daunnya di musim kemarau
Dari fakta organisme yang berpeluang bisa lolos dari seleksi alam, sehingga mampu melanjutkan keturunan adalah nomor….
| ||||||||||||||||||||||
Cara-cara reproduksi
|
36. Amati gambar berikut ini!
Janin usia 36 hingga 40 minggu mempunyai karakteristik yang berbeda dengan tahapan perkembangan sebelumnya, karena pada usia ini ….
a. paru-paru belum berfungsi
b. kepala bayi sudah proporsional
c. jantung bayi sudah berdetak kuat
d. dapat membedakan antara terang dan gelap
| ||||||||||||||||||||||
Teknologi reproduksi, hubungannya dengan
lingkungan dan masyarakat
|
37. Rekayasa reproduksi dengan mengubah urutan informasi genetic di dalam kromosom akan menghasilkan individu baru disebut….
38. Manfaat yang diperoleh manusia dari perbanyakan tanaman secara kultur jaringan adalah…
| ||||||||||||||||||||||
10
|
Mengindentifikasi bahan kimia alami dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.
|
Bahan kimia dalam bahan makanan
|
39. Perhatikan gambar berikut ini!
Zat adiktif yang sebenarnya berbahaya bagi tubuh manusia tetapi dipergunakan untuk mengawetkan makanan pada gambar adalah….
| ||||||||||||||||||||
Zat aditif dan psikotropika
|
40. Ciri-ciri korban ketergantungan psikotropika:
1) Merasa rileks
2) Pupil mata menyempit
3) Tekanan darah menurun
4) Denyut urat nadi melambat
5) Menimbulkan rasa gembira berlebihan
Ciri-ciri fisik korban ketergantungan psikotropika pengguna heroin adalah
|
Komentar
Posting Komentar