STANDAR KOMPETENSI LULUSQAN

KAJIAN PERMENDIKNAS NOMOR 75 TAHUN 2009 TENTANG KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2009/2010 MATA PELAJARAN : IPA SEKOLAH : SMP No. Standar Kompetensi Lulusan ( SKL) Kemampuan yang diuji Uraian Kemampuan Yang Diuji Indikator Alternatif 1 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 1. Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai Besaran merupakan sesuatu yang dapat diukur memiliki nilai dan satuan. Besaran : 2 macam, yaitu : • Besaran Pokok Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefnisikan sendiri Besaran Pokok dengan satuan SI dan alat ukur:  Massa: kg, gram, neraca  Panjang:km,m, mistar, jangka sorong, micrometer sekrup  Waktu: s, stop watch  Suhu: K, termometer  Kuat arus: A, amperemeter  Jumlah zat:mol  Intensitas cahaya: candela • Besaran turunan Besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. Semua besaran fisika yang tidak termasuk besaran pokok adalah besaran turunan. Contoh : Kecepatan : m/s • Menentukan besaran-besaran yang termasuk besaran pokok dan besaran turunan, satuan besaran tersebut dalam S,I. serta alat ukurnya. • Disajikan tabel besaran dan satuan atau tabel hasil suatu percobaan, peserta didik dapat menentukan pasangan besaran fisika tertentu dan satuannya yang sesuai 2. Membaca alat ukur Membaca skala alat ukur: • massa ( neraca), • volum (gelas ukur) • waktu (stopwatch) • panjang (mistar). • Membaca skala alat ukur massa dengan neraca ,alat ukur volume dengan gelas ukur, panjang benda dengan mistar, waktu dengan stopwatch. • Disajikan gambar /ilustrasi, peserta didik dapat membedakan pengukuran secara langsung dan tidak langsung 2 Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. 3. Menentukan salah satu variabel dari rumus  = Persamaan massa jenis zat ;  = . massa jenis ciri suatu zat • Menentukan jenis zat dari macam macam benda yang diamati berdasarkan massa jenisnya. • Disajikan gambar , peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dari rumus p= m/v atau jenis suatu zat bila data yang diperlukan diketahui 4. Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari Pemanfaatan dan permasalahan yang diakibatkan oleh pemuaian dalam kehidupan sehari hari: • Pemanfaatan bimetal pada alat-alat listrik (Setrika listrik otomatis, lampu sen mobil) • Peristiwa sehari-hari pada pemasangan kabel listrik, gelas pecah ketika dituangi air panas tiba-tiba. • Menyebutkan contoh pemuaian dalam kehidupan sehari hari • Menjelaskan prinsip kerja suatu alat ukur yang memanfaatkan konsep pemuaian • Disajikan ganbar peristiwa dalam kehidupan sehari hari , peserta didik dapat menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam peristiwa tersebut 5. Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor • Grafik antara waktu dengan jumlah kalor yang diperlukan untuk naik suhu, perubahan wujud., • Persamaaan tentang kalor : Q = m.c.t atau Q = m.L. atau Q = m.U • Menentukan nilai salah satu besaran kalor melalui persamaan kalor jika besaran lain diketahui. • Disajikan ilustrasi/cerita tentang peristiwa pemanasan/pendinginan suatu zat, peserta didik dapat menentukan grafik suhu terhadap kalor yang sesuai dengan peristiwa tersebut. • Menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan wujud zat • Disajikan beberapa contoh peristiwa perpindahan kalor , peserta didik dapat mengidentifikasi perpindahan kalor yang sesuai. • Disajikan grafik suhu terhadap kalor, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dalam persamaan Q = m.c. Q= m . U atau Q = m. L bila data yang diperlukan diketahui. 3 4 Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 6. Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari • Pengertian Gerak Lurus Beraturan (GLB), • Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), • Pengertian kecepatan dan percepatan. • Contoh GLB, contoh GLBB dalam kehidupan sehari hari • Membedakan GLB, GLBB dipercepat atau GLBB diperlambat melalui contoh peristiwa dalam kehidupan sehari hari • Membedakan grafik ketukan tickertimer berdasarkan jenis geraknya pada beberapa contoh benda yang sedang bergerak. • Mengidentifikasi terjadinya gerak dalam kehidupan sehari-hari. 7. Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat • Tekanan pada zat padat , zat cair • Mengoperasikan rumus P = F/A • Mengoperasikan rumus Hukum Pascal . • Menentukan tekanan pada zat padat, melalui gambar. • Disajikan gambar atau tabel tentang tekanan pada zat padat, peserta didik dapat menentukan salah satu parameter dalam persamaan p = F/A, bila data yang diperlukan diketahui • Disajikan gambar alat hidrolik atau benda dalam bejana yang berisi zat cair dalam keadaan tidak bergerak , peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dalam persamaan F1/A1=F2/A2 • Disajikan gambar bejana berisi zat cair, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dari persamaan tekanan hidrostatik Ph = p.g.h, bila variabel yang lain diketahui • Disajikan gambar alat hidrolik , peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dalam persamaan F1/A1 = F2/A2 bila variabel yang lain diketahui 8. Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari Perubahan bentuk energi yang terjadi pada alat-alat rumah tangga, pada peristiwa sehari-hari antara lain Perubahan bentuk energy pada: • lampu yang menggunakan listrik • lampu menggunakan minyak. • benda yang bergerak • Pada benda yang jatuh • Menjelaskan macam-macam sumber energi dan contohnya. • Disajikan gambar suatu alat dalam kehidupan sehari hari peserta didik dapat menyebutkan perubahan energi yang terjadi pada benda tersebut. 9.Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi Menentukan salah satu variable dari rumus: • Energi kinetik E = 1/2/ m. v2. • Energi potensial : E = m.g.h • Usaha yang dilakukan oleh oleh suatu benda • Energi mekanik = energi potensial + energi kinetik • Menentukan besarnya energi yang dimiliki suatu benda yang memperoleh gaya dan mengalami perpindahan • Menentukan usaha yang dilakukan oleh resultan beberapa gaya • Disajikan gambar berkaitan dengan energi potensial dan energi kinetik, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dalam persamaan Ep = mgh atau Ek = ½ mv2 atau hubungan antara besaran fisika besaran fisika yang terdapat dalam petsamaan tersebut • Disajikan gambar benda sedang bergerak dan berada pada ketinggian tertentu dari tanah, peserta didik dapat menentukan energi mekanik yang dimiliki benda tersebut 10.Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari • Menjelaskan pengertian pesawat sederhana. • Jenis-jenis pesawat sederhana , serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari. • Alat-alat yang bekerja berdasarkan prinsip tuas, katrol dan bidang miring • Menentukan contoh penerapan prinsip pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari (tuas, bidang miring). • Mengidentifikasi letak titik tumpu, kuasa dan beban dari beberapa jenis tuas, melalui gambar • Disajikan gambar sebuah alat yang bekerja berdasarkan prinsip pesawat sederhana, peserta didik dapat menentukan gambar alat lain (dalam option) yang sejenis Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. 11. Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang • Pengertian satu gelombang transversal, longitudinal. • Pengertian frekuensi, panjang gelombang, cepat rambat gelombang, amplitude. • Besaran fisika dalam getaran : perioda, frekwensi dan amplitude getaran. • Hubungan perioda dan frekuensi : f = 1/T atau T = 1/f • Perbedaan gelombang transversal dan gelombang longitudinal. • Menentukan besarnya frekuensi, cepat rambat atau panjang gelombang pada gelombang transversal / longitudinal, jika diketahui data lainnya (jumlah gelombang perwaktu dll) • Disajikan gambar pegas yang bergetar, peserta didik dapat menghitung amplitude dan periode getaran . • Disajikan grafik gelombang , peserta didik dapat menentukan nilai salah satu besaran gelombang 12. Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya. • Pengertian bunyi, • Sifat-sifat bunyi. • Syarat terdengarnya bunyi • Definisi cepat rambat bunyi. • Cepat rambat bunyi dalam perbagai zat. • Batas pendengaran manusia. • Getaran Intrasonik dan ultrasonic, • Menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari, melalui gambar. • Menyebutkan contoh alat-alat musik yang menggunakan prinsip resonansi. • Menjelaskan pemantulan bunyi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari hari. • Disajikan data range frekuensi bunyi, peserta didik dapat menentukan makhluk hidup yang dapat mendengar bunyi tersebut 13. Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin • Lukisan pembentukan bayangan yang terjadi pada cermin, lensa.. • Menentukan perbesaran bayangan, jarak banyan, tinggi bayangan, jarak focus pada lensa dan cermin (hitungan). • Menentukan jarak bayangan, tinggi bayangan jika benda diletakkan di depan cermin. • Menentukan perbesaran bayangan pada lensa atau pada cermin. • Disajikan gambar sebuah benda berada di depan sebuah lensa , peserta didik dapat menentukan salah satu besaran fisika , jika variabel yang diperlukan diketahui 14. Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari • Lukisan pembentukan bayangan pada lensa mata normal, cacat mata dan penanggulangannya • • Melalui gambar , peserta didik dapat menentukan penggunaan lensa kacamata yang benar pada jenis cacat mata tertentu. • Disajikan gambar alat optik , peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian pada alat optik pada penggunaannya dalam kehidupan sehari hari. 5 Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 15. Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta menentukan jenis muatan • Karena sesuatu hal atau gesekan, maka suatu benda dapat menerima atau melepaskan elektron. • Sifat muatan listrik • Jenis muatan listrik • Melalui gambar, peserta didik dapat menjelaskan terjadinya pemuatan listrik statis serta menentukan jenis muatan listriknya. • Disajikan ilustrasi / gambar tiga atau empat benda bermuatan listrik yang berinteraksi menarik atau menolak , peserta didik dapat menentukan jenis muatan benda-benda tersebut 16. Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik Rangkaian listrik seri, parallel Mengukur beda potensial sumber listrik dan alat listrik Hukum Kirchoff dan Hukum Ohm. . • Menentukan besarnya kuat arus dalam suatu rangkaian listrik • Melalui gambar rangkaian hambatan, peserta didik dapat menentukan besarnya hambatan pengganti dari berbagai rangkaian listrik. • Menentukan besar hambatan paling besar dan paling kecil, jika beberapa penghambat dirangkai dalam berbagai bentuk rangkaian • Disajikan gambar rangkaian listrik yang didalamnya terdapat beberapa penghambat yang terangkai secara kombinasi, peserta didik dapat menentukan besar kuat arus listrik atau besar beda potensial dalam rangkaian listrik tersebut. • Disajikan tabel hasil pengukuran menurut hukum Ohm untuk arus (I) dan tegangan (V) suatu hambatan (R) yang berbeda-beda nilainya, peserta didik dapat menentukan nilai I, V, atau R pada bagian tabel yang kosong 17. Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari Pemakaian energi listrik Rekening listrik. • Melalui data pemakaian beberapa alat listrik , peserta didik dapat menghitung biaya rekening listrik yang harus dibayar pada suatu rumah sederhana • Disajikan tabel daya dan waktu yang digunakan beberapa alat listrik , peserta didik dapat menentukan alat listrik yang memerlukan energi listrik paling besar / paling kecil • Disajikan gambar Produk Teknologi yang dirangkaikan pada jaringan listrik PLN , peserta didik dapat menentukan besar daya listrik yang digunakan oleh Produk Teknologi tersebut. 18. Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan Sifat-sifat magnet, Cara membuat magnet. Teori kemagnetan. • Menjelaskan cara pembuatan magnet dengan cara induksi, elektromagnet atau gosokan serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan. 6 Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya. 19. Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya Susunan tata surya: matahari, planet, asteroid,dan benda langit lain. Karakteristik benda-benda langit • Menjelaskan susunan tata surya • Menentukan letak dan ciri planet tertentu dalam tata surya • Disajikan gambar/narasi susunan Tata Surya, peserta didik dapat menjelaskan karakteristik benda benda langit dalam Tata Surya. 20. Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan Pasang purnama terjadi jika posisi matahari, bulan dan bumi terletak satu garis lurus. Pasang perbani terjadi jika posisi matahari, bulan dan bumi terletak membentuk sudut 90ºC • Menjelaskan terjadinya pasang purnama atau pasang perbani • Disajikan gambar posisi Matahari, Bumi, dan Bulan , peserta didik dapat menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut air laut dengan posisi Bulan. 7 Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup,komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. 21.Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup Cirri-ciri makhluk hidup : bernapas, bergerak, membutuhkan nutrisi, berkembangbiak, tumbuh dan berkembang, iritabilitas • Menentukan ciri-ciri makhluk hidup • Membedakan ciri-ciri makhluk hidup • Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup 22. Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompok kan makhluk hidup Cirri pengelompokkan makhluk hidup : klasifikasi hewan dan klasifikasi tumbuhan • Mengidentifikasi ciri pengelompokan pada hewan tinggi • Mengidentifikasi ciri pengelompokan pada hewan rendah • Mengidentifikasi ciri pengelompokan tumbuhan tinggi • Mengidentifikasi ciri pengelompokan tumbuhan rendah 23. Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem Interaksi pada makhluk hidup : rantai makanan, jarring-jaring makanan, piramida makanan, simbiosis, antibiosis • Menentukan komponen rantai makanan dalam ekosisten • Menentukan komponen pada jaring-jaring makanan • Menentukan susunan komposisi piramida makanan • Menentukan interaksi antar makhluk hidup (simbiosis) 24. Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan Usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan : penghijauan, reboisasi, • Mengidentifikasi usaha manusia untuk mengatasi pencemaran air • Mengidentifikasi usaha manusia untuk mengatasi pencemaran udara • Mengidentifikasi usaha manusia untuk mengatasi pencemaran tanah 25. Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup Usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup : pelestarian hutan, cagar alam, suakmargasatwa, kebun raya • Mengidentifikasi hewan-hewan langka • Mengidentifikasi tumbuhan langka • Menentukan cara /usaha pelestarian makhluk hewan langka • Menentukan cara /usaha pelestarian makhluk tumbuhan langka 26. Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan Hubungan kepadatan populasi makhluk hidup dengan lingkungan : timbulnya masalah kebutuhan air bersih, udara bersih, kebutuhan bahan makanan, kebutuhan tempat tinggal, dan kerusakan lingkungan • Memperkirakan hubungan antara kepadatan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih/udara bersih • Memperkirakan hubungan antara kepadatan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan • Memperkirakan hubungan antara kepadatan populasi penduduk dengan kebutuhan lahan/ tempat tinggal • Menjelaskan pebngaruh peningkatan populasi penduduk dengan kerusakan lingkungan 8 Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia. 27. Menentukan jenis tulang/ sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya Jenis tulang : tulang keras dan tulang rawan. Bentuk tulang : tulang pipa, pipih, pendek. Macam sendi : sendi peluru, engsel, plana, putar . Macam otot : otot lurik, polos dan otot jantung • Menentukan jenis / macam tulang • Menentukan kelainan pada tulang • Menentukan salah satu sendi • Menentukan jenis otot 28. Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan Sistem pencernaan terdiri dari saluran makanan dan kelenjar penghasil enzym • Mnentukan bagian yang menghasilkan enzym yang mengubah protein manjadi asam amino. • Menetukan bagian yang mengahsilkan enzym amilase . • Menyebutkan urutan saluran pencernaan 29. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya Sistem peredaran darah terdiri dari jantung , pembuluh darah , dan pembuluh getah bening • Menetukan bagian darah yang berfungsi untuk pembekuan darah. • Menetukan contoh penyakit kelainan darah • Menetukan urutan peredaran darah kecil 30. Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal) Ginjal terdiri dari korteks , medula dan rongga ginjal. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah , dan proses penyaringan darah terjadi pada ginjal • Menentukan bagian yang disebut simpai bowman • Menetukan bagian yang berfungsi untuk menyaring darah sesuai gambar. • Menyebutkan urutan jalannya urine sesuai gambar. 31. Menjelaskan sistem saraf pada manusia Sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsu tulang belakang. Sel saraf (neuron ) adalah bagian terkecil dari sistem saraf , yang terdiri dari badan sel saraf dan inti sel saraf.. Fungsi sistem saraf antara lain adalah a. Untuk mengenal perubahan-perubahan di luar tubuh, mengatur tanggapan kondisi sekitarnya. b. Mengatur kerja organ – organ tubuh. • Menyebutkan bagian dari sisstem saraf pusat • Menentukan fungsi badan sel saraf. • Menjelaskan fungsi sel saraf. • Menyebutkan urutan gerak refleks dari data yang ada. • Menetukan bagian otak yang berfungsi sebagai alat keseimbangan 32. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan Tumbuhan mempunyai organ pokok yang terdiri dari akar, batang dan daun. Akar tersususn atas rambut akar, batang akar, ujun akar dan tudung akar Batang tersususn atas epidermis, korteks, kambium dan endodermis. Daun tersususn atas , epidermis atas, jaringan tianng , jaringan pengangkut dan epidermis bawah • Menjelaskan bagian akar yang berfungsi mempercepat penyerapa air. • Menentukan bagian batang yang berfunsi mengedarkan air dan mineral berdasarkan gambar. • Menyebutkan tiga fungsi batang. • Menetukan bagian daun yang berfungsi untuk fotosintesis 33. Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar Respon pada tumbuhan dapat menimbulkan gerakan. Gerak yang disebabkan oleh faktor luar disebut gerak esionom Macam–macam gerak esionom adalah gerak nasti , tropisme dan taksis. • Menentukan contoh gerak yang dipengaruhi datangnya rangsang • Menentukan gerak fototropisme berdasarkan gambar • Menetukan contoh tanaman yang melakukan gerak tropisme. 34. Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan-percobaan tentang proses tersebut Fotosintesis : Sarat – sarat tumbuhan dapat melakukan fotosintesis, reaksi fotosintesis Percobaan fotosintesis dan hasil fotosintesis • Menjelaskan sarat-sarat tumbuhan dapat melakukan fotosintesis • Menentukan reaksi fotosintesis • Menyimpuklan hasil percobaan fotosintesis 9 Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkem bangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organism serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. 35. Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya Konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya: Adaptasi Morfologi Adaptasi fisiologi Adaptasi tingkah laku • Menentukan adaptasi morfologi • Menentukan adaptasi fisiologi • Menentukan adaptasi prilaku • Menunjukan contoh adaptasi morfologi • Menunjukan contoh adaptasi fisiologi • Menentukan contoh adaptasi prilaku 36. Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel Hasil persilangan hukum Mendel: Persilangan monohibrida Persilangan dihibrida • Menjelaskan pengertian istilah persilangan • Menjelaskan pengertian persilangan monohibrida dan dihibrida • Menentukan hasil persilangan monohibrida • Menentukan hasil persingan dihibrida 37. Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organism disertai dengan contohnya Tehnologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme: Rekayasa genetika Kultur jaringan Hidroponik • Menjelaskan cara memperbanyak hasil reproduksi dengan rekayasa genetika • Menjelaskan cara memperbanyak reproduksi dengan kultur jaringan • Menjelaskan cara memperbanyak hasil dengan hidroponik • Menentukan contoh hasil rekayasa genetika • Menentukan contoh hasil kultur jaringan • Menentukan contoh hasil hidroponik 38. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia Pemanfaatan biotenologi untuk kehidupan manusia : Biotenologi konvensional Biotehnologi modern • Menjelaskan pengertian bioteknologi konvensional dan modern • Mengidentifikasi hasil bioteknologi konvensional dan modern • Mengidentifikasi organisme yang berperan dalam bioteknologi konvensional dan modern 10 Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan. 39. Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan Zat aditif pada makanan : pemanis, pewarna, pengawet, penyedap, • Mengidentifikasi zat aditif pada makanan • Menjelaskan pengaruh zat aditif dengan kesehatan 40. Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/ psikotropika pada tubuh kita Zat adiktif : psikotropika, narkotika dan zat adiktif lainya • Mengidentifikasi jenis-jenis zat adiktif • Mengidentifikasi ciri-ciri pengaruh zat adiktif terhadap kesehatan • Menjelaskan usaha untuk menanggulangi pengaruh zat adiktif terhadap kesehatan PAKET I CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAAN IPA SMP SOAL NO : 1 Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai Indikator : Disajikan tabel besaran dan satuan atau tabel hasil suatu percobaan, peserta didik dapat menentukan pasangan besaran fisika tertentu dan satuannya yang sesuai Soal : Perhatikan tabel berikut ini! No Besaran fisika ( B ) 1. Massa jenis 2. Suhu 3. Kelajuan 4. Kuat arus Pasangan besaran fisika dan satuan dalam Sistem Internasional ( S I ) yang benar adalah .... A. B1 dan S4 B. B2 dan S3 C. B3 dan S1 D. B4 dan S2 Kunci jawaban : A PEMBAHASAN 1. Pasangan besaran dan satuan : No. Besaran Fisika Satuan Keterangan S / B 1 2 3 4 Massa jenis (K1) Suhu (K2) Kelajuan (K3) Kuat arus (K4) kg / m³ (L4) celcius (L3) km / jam (L1) ampere (L2) SI non-SI non-SI SI B S S B SOAL NO : 2 Kemampuan yang diuji : Membaca alat ukur Indikator : Disajikan gambar /ilustrasi, peserta didik dapat membedakan pengukuran secara langsung dan tidak langsung Soal : Perhatikan gambar berikut ! Pengukuran volume benda dilakukan dengan mencelupkan benda pada bejana. Dari data yang tampak pada alat ukur, volume benda tersebut adalah .... A. 25 cm³ B. 35 cm³ C. 60 cm³ D. 85 cm³ Kunci jawaban : A Pembahasan 1. SOAL NO : 3 Kemampuan yang diuji : Menentukan salah satu variabel dari rumus Indikator : Disajikan gambar , peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dari rumus p= m/v atau jenis suatu zat bila data yang diperlukan diketahui Soal : Perhatikan gambar alat dan bahan berikut ! Jika massa jenis logam yang tercelup tersebut 7.900 kg/m³, maka massanya adalah .... A. 237 gram B. 263 gram C. 300 gram D. 380 gram Kunci jawaban : A Pembahasan A. SOAL NO : 4 Kemampuan yang diuji : Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari Indikator : Disajikan ganbar peristiwa dalam kehidupan sehari hari, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam peristiwa tersebut Soal : 1. Perhatikan tabel data kepustakaan berikut ! Jenis bahan Koefisien muai panjang ( / ºC ) Alumunium 0,000024 Tembaga 0,000017 Besi 0,000012 Perak 0,000020 Dari ke empat jenis bahan tersebut dibuat “BIMETAL” seperti pada gambar. Jika suhu bimetal dinaikkan, maka yang terjadi adalah…. Pasangan logam Bimetal membengkok ke arah Logam A Logam B A Perak Alumunium Logam B B Alumunium Besi Logam A C Tembaga Perak Logam B D Besi Tembaga Logam A Kunci Kunci jawaban : D Pembahasan Bila bimetal dipanaskan, akan membengkok ke arah logam yang koefisien muai panjangnya lebih kecil. No. Pasangan logam Bimetal membengkok ke arah B / S Alasan Logam A Logam B 1 2 3 4 Perak Alumunium Tembaga Besi Alumunium Besi Perak Tembaga Logam B Logam A Logam B Logam A S S S B αB > αA αA > αB αB > αA αA > αB SOAL NO : 5 Kemampuan yang diuji : Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor Indikator : Disajikan grafik suhu terhadap kalor, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dalam persamaan Q = m.c. atau Q = m. L bila data yang diperlukan diketahui. Soal : Gambar berikut menunjukkan grafik antara suhu dan waktu dari sebongkah es yang dipanaskan, Jika kalor jenis es = 2.100 J/kgºC, kalor lebur es = 340.000 J/kg, kalor jenis air 4.200 J/kgºC dan massanya 300 gram, maka jumlah kalor yang diperlukan untuk meleburkan es menjadi air pada titik leburnya ( proses B – C ) adalah .... A. 3.150 joule B. 25.200 joule C. 102.000 joule D. 130.350 joule Kunci Kunci jawaban : C Pembahasan 1. Proses B – C : Perubahan wujud (melebur) SOAL NO : 6 Kemampuan yang diuji : Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari Indikator : Membedakan GLB, GLBB dipercepat atau GLBB diperlambat melalui contoh peristiwa dalam kehidupan sehari hari Soal : 1. Perhatikan gambar berikut ! Gerakan kelapa jatuh ( gambar I ) dan gerak bola yang dilempar vertikal ke atas oleh seorang siswa ( gambar II )memiliki jenis gerak …. gambar I gambar II A. GLBB dipercepat GLBB diperlambat B. Gerak lurus beraturan GLBB dipercepat C. GLBB diperlambat GLBB dipercepat D. GLBB diperlambat Gerak lurus beraturan Kunci Kunci jawaban A Pembahasan Gambar I : buah jatuh → GLBB dipercepat Gambar II : gerak vertikal ke atas → GLBB diperlambat SOAL NO : 7 Kemampuan yang diuji : Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat Indikator : Disajikan gambar atau tabel tentang tekanan pada zat padat, peserta didik dapat menentukan salah satu parameter dalam persamaan p=F/A, bila data yang diperlukan diketahui Soal : 1. Perhatikan gambar berikut ! Dari perubahan kedudukan tersebut, maka tekanan yang diberikan oleh benda terhadap lantai adalah …. Posisi I Posisi II A. 30 N/m² 50 N/m² B. 30 N/m² 60 N/m² C. 50 N/m² 100 N/m² D. 60 N/m² 100 N/m² Kunci Kunci jawaban : D Pembahasan Posisi I : Posisi II : SOAL NO : 8 SKL : Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha dan energi ) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Kemampuan yang diuji : Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat Materi Pokok : Tekanan pada zat padat, zat cair dan gas Indikator : Disajikan gambar bejana berisi zat cair, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dari persamaan tekanan hidrostatik Ph = p.g.h, bila variabel yang lain diketahui Soal : 1. Perhatikan gambar berikut ! Jika percepatan gravitasi di tempat ini sebesar 10 N/kg, maka tekanan hidrostatis tepat di mulut ikan tersebut sebesar…. A. 1.000 N/m2 B. 1.500 N/m2 C. 8.500 N/m2 D. 10.000 N/m2 Kunci : C Pembahasan Ρ = ρ. g. h = 1 g/cm3 . 10 N/kg . 85 cm = 1.000 kg/ m3 . 10 N/kg . 0,85 m = 8.500 N/ m2 SOAL NO : 9 Kemampuan yang diuji : Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari. Indikator : Disajikan gambar suatu alat dalam kehidupan sehari hari,peserta didik dapat menyebutkan perubahan energi yang terjadi Soal : 1. Perhatikan gambar bagian depan sepeda lengkap dengan dynamo dan lampunya berikut ! Ketika sepeda tersebut dikendarai seorang siswa dengan kelajuan sebesar 5 m/s, proses perubahan energi yang terjadi hingga lampu dapat menyala adalah …. A. energi kimia  energi listrik  energi kalor + energi cahaya B. energi listrik  energi cahaya  energi kalor + energi gerak C. energi kimia  energi cahaya  energi listrik + energi kalor D. energi gerak  energi listrik  energi cahaya + energi kalor Kunci : D Pembahasan 1. Data dari gambar (sepeda + dinamo) : Energi gerak → energi listrik → energi cahaya + energi kalor. SOAL NO : 10 Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi Indikator : Menentukan usaha yang dilakukan oleh resultan beberapa gaya, melalui gambar Soal : 1. Perhatikan gambar berikut ! Besar usaha yang dilakukan oleh F1 dan F2 adalah.... A. 1000 joule B. 600 joule C. 400 joule D. 200 joule Kunci jawaban : B Pemahasan = ( 40 N-10 N) . 20 m = 600 joule. SOAL NO 11 Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi Indikator : Disajikan gambar berkaitan dengan energi potensial dan energi kinetik, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel dalam persamaan Ep = mgh atau Ek = ½ mv2 atau hubungan usaha = perubahan energi mekanik Soal : 1. Perhatikan gambar! Ali yang tubuhnya bermassa 60 kg ingin menaiki tangga dari lantai A ke lantai B seperti tampak pada gambar. Jika percepatan gravitasi bumi di tempat tersebut 10 m/s2, maka usaha yang dilakukan oleh Ali sebesar …. A. 225 joule B. 200 joule C. 300 joule D. 450 joule Kunci jawaban : C Pembahasan 11 1. SOAL NO 12. Kemampuan yang diuji : Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Indikator : Disajikan gambar dalam stem atau dalam option , peserta didik dapat mengidentifikasi jenis jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari Soal : Di antara keempat pesawat sederhana berikut yang prinsip kerjanya sejenis dengan alat di atas adalah .... Kunci jawaban : D Pembahasan 12 Prinsip kerjanya berdasarkan : A → tuas B → tuas C → tuas D → bidang miring SOAL NO : 13 Kemampuan yang diuji : Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang Indikator : Disajikan grafik gelombang , peserta didik dapat menentukan nilai salah satu besaran gelombang Soal : Grafik berikut menampilkan simpangan dari sebuah titik dalam satu medium sebagai fungsi waktu ketika sebuah gelombang lewat melalui medium. Jika panjang gelombang tersebut 6 m, maka cepat rambat gelombangnya adalah …. A. 3 m/s B. 6 m/s C. 8 m/s D. 12 m/s Kunci jawaban : D Pembahasan 13 1. SOAL NO : 14 Kemampuan yang diuji : Menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya Indikator : Menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari, melalui gambar. Soal : Seorang siswa melakukan percobaan di lab-IPA dengan menggunakan penggaris plastik yang dijepitkan salah satu ujungnya pada meja seperti gambar berikut : Ketika panggaris digetarkan ternyata menghasilkan 1.000 getaran setiap menitnya, namun siswa tersebut tidak mendengar getaran bunyi yang dihasilkan. Hal ini disebabkan .... A. dinding lab-IPA tidak dapat memantulkan bunyi B. bunyi yang dihasilkan diserap oleh dinding lab-IPA C. frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang dari 20 Hz D. frekuensi bunyi yang dihasilkan lebih dari 20 Hz Kunci jawaban : C Pembahasa 14 1. Frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang dari 20 Hz, sehingga tidak dapat didengar oleh manusia. SOAL NO : 15 Kemampuan yang diuji : Menentukan berbagai besaran fisika jika benda berada di depan lensa atau cermin Indikator : Menentukan jarak bayangan, tinggi bayangan jika benda diletakkan di depan cermin Soal : Gambar berikut menunjukkan benda B diletakkan di depan cermin . Bayangan yang terbentuk akan berada pada posisi yang berjarak dari cermin (titik O) sejauh.... A. 60 cm B. 22 cm C. 12 cm A. 60 cm B. 22 cm C. 12 cm D. 10 cm Kunci jawaban : A Pembahasan : 15 Data dari gambar : SOAL NO : 16 Kemampuan yang diuji : Menentukan berbagai besaran fisika jika benda berada di depan lensa atau cermin Indikator : Disajikan gambar sebuah benda berada di depan sebuah lensa , peserta didik dapat menentukan salah satu besaran fisika , jika variabel yang diperlukan diketahui Soal : Diagram di bawah ini menunjukkan sebuah benda diletakkan di depan lensa cembung dengan jarak fokus dan posisi benda seperti pada gambar. Jarak bayangan yang dibentuk berada dari lensa sejauh .... A. 80 cm B. 60 cm C. 40 cm D. 27 cm Kunci jawaban : B Pembahasan 16 Data dari gambar : SOAL NO : 17 Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari Indikator : Melalui gambar , peserta didik dapat menentukan penggunaan lensa kacamata yang benar pada jenis cacat mata tertentu Soal : Perhatikan gambar jalannya sinar pada mata sebelum dan sesudah menggunakan lensa kacamata berikut : Berdasarkan data yang tampak pada gambar I dan II, dapat dipastikan .... cacat mata yang diderita penyebab A hipermetropi titik dekat mata bergeser menjauhi mata B hipermetropi titik dekat mata bergeser mendekati mata C miopi titik jauh mata bergeser menjauhi mata D miopi titik jauh mata bergeser mendekati mata Kunci jawaban : D Pembahasan 17 Berdasarkan jalannya sinar sebelum dan sesudah pakai kacamata, dipastikan cacat mata yang diderita : MIOPI. Penyebab : titik jauh mata (PR) bergeser mendekati mata SOAL NO : 18 Kemampuan yang diuji : Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta menentukan jenis muatan Indikator : Melalui gambar, peserta didik dapat menjelaskan terjadinya pemuatan listrik statis serta menentukan jenis muatan listriknya. Soal : Seorang siswa melakukan penyelidikan perilaku sisir terhadap serpihan kertas berikut : Hasil penyelidikannya, sisir plastik tersebut dapat menarik serpihan kertas seperti pada gambar. Hal ini disebabkan sisir plastik telah .... digosok dengan peristiwa yang terjadi jenis muatan listrik yang ditimbulkan A kain sutera mendapat tambahan elektron negatif B kain wol mendapat tambahan elektron negatif C kain sutera kehilangan beberapa elektron positif D kain wol kehilangan beberapa elektron positif Kunci jawaban : B Pembahasan 18. Sisir plastik digosokkan dengan kain wol akan bermuatan listrik negatif. Peristiwa yang terjadi: sisir plastik mendapat tambahan elektron dari kain wol sehingga sisir plastik kelebihan elektron → bermuatan listrik negatif. SOAL NO : 19 Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik Indikator : Disajikan gambar rangkaian listrik yang didalamnya terdapat beberapa penghambat yang terangkai secara kombinasi, peserta didik dapat menentukan besar kuat arus listrik atau besar beda potensial dalam rangkaian listrik tersebut. Soal : Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut ! Setelah saklar S ditutup, arus listrik I1 yang mengalir melalui hambatan 6Ω dan arus listrik I2 yang melalui hambatan 3 Ω adalah …. Kuat arus I1 Kuat arus I2 A. 2 ampere 1 ampere B. 1 ampere 3 ampere C. 1 ampere 2 ampere D. 2 ampere 3 ampere Kunci jawaban : C Pembahasan 19. , R total = 2 ohm + ( 6x3/6+3 ) ohm = 2 ohm + 2 ohm = 4 ohm I induk = V/ R total = 12v/4ohm = 3 ampere V (2 ohm) = I. R = 3 A . 2 ohm = 6 volt V ( R par ) = I . R par = 3 A . ( 6x3/6+3 ) ohm = 3 A . 2 ohm = 6 volt I1 = V( R par ) / 6 ohm I2 = V ( Rpar ) / 3 ohm = 6v/6 ohm = 1 A = 6v/3 ohm = 2 A SOAL NO : 20 Kemampuan yang diuji : Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik Indikator : Disajikan gambar rangkaian listrik yang didalamnya terdapat beberapa penghambat (resistor) yang terangkai secara kombinasi, peserta didik dapat menentukan besar beda potensial diantara penghambat yang terangkai tersebut Soal : Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut ! Bila hambatan dalam baterai diabaikan dan terminal voltmeter (V) dihubungkan pada titik P dan Q, maka besar beda potensial antara P dan Q (VPQ) adalah.... A. 4 volt B. 8 volt C. 12 volt D. 16 volt Kunci jawaban : B Pembahasan : 20 R total = 2 ohm + 3 ohm = 5 ohm A. I induk Data dari gambar : = V/ R total = 20 v/5 ohm = 4 A Vpq = I induk . R ( = 2 ohm ) = 4 A . 2 ohm = 8 volt SOAL NO : 21 Kemampuan yang diuji : Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari Indikator : Melalui data pemakaian beberapa alat listrik , peserta didik dapat menghitung biaya rekening listrik yang harus dibayar pada suatu rumah sederhana Soal : Ketika tarif harga energi listrik per kWh adalah Rp 400,00, pesawat TV setiap hari bekerja rata-rata 4 jam. Jika alat ini dihubungkan dengan sumber tegangan listrik 220 volt dan memakai arus listrik sebesar 0,5 ampere, maka biaya pemakaian energi listrik per bulan ( 30 hari ) sebesar .... A. Rp 52.800,00 B. Rp 5.280,00 C. Rp 5.250,00 D. Rp 4.280,00 Kunci jawaban : B Pembahasan 21 W sehari = 220 V . 0,5 A . 4 jam = 440 Wh W 30 hari = 30 . 440 wh = 13200 Wh = 13,2 kWh Biaya = 13,2 kWh . Rp. 400,00/kWh = Rp. 5.280,00 SOAL NO : 22 Kemampuan yang diuji : Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari Indikator : Disajikan gambar produk teknologi yang dirangkaikan pada jaringan listrik PLN , peserta didik dapat menentukan besar daya listrik yang digunakan oleh produk teknologi tersebut. Soal : Perhatikan gambar teko listrik berikut ! Ibu memanaskan air dengan teko listrik dan menghubungkannya pada sumber tegangan PLN yang sesuai dengan spesifikasinya seperti pada gambar. Jika arus listrik yang mengalir pada alat tersebut 400 mA, maka teko tersebut menggunakan daya listrik sebesar .... A. 88 kilowatt B. 8,8 kilowatt C. 0,88 kilowatt D. 0,088 kilowatt Kunci jawaban : D Pembahasan 22 A. P = V. I = 220 v x 400 mA = 220 v x 0,4 A = 88 watt = 0,088 kilowatt SOAL NO : 23 Kemampuan yang diuji : Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan Indikator : Menjelaskan cara pembuatan magnet dengan cara induksi, elektromagnet atau gosokan serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan, melalui gambar Soal : Seorang siswa menggosokkan sebuah magnet KL dengan batang batang besi dengan arah seperti pada gambar berikut : Hasil yang benar dilakukan pada percobaan ke …. A. (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (4) D. (3) dan (4) Kunci jawaban : D Pembahasan 23 Membuat magnet dengan cara menggosok : - Jika kutub utara magnet yang digosokkan, maka kutub magnet buatan yang dihasilkan pada akhir gosokan adalah kutub selatan. - Jika kutub selatan magnet yang digosokkan, maka kutub magnet buatan yang dihasilkan pada akhir gosokan adalah kutub utara. SOAL NO : 24 Kemampuan yang diuji : Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya Indikator : Disajikan gambar/narasi susunan Tata Surya, peserta didik dapat menjelaskan karakteristik benda benda langit dalam Tata Surya. Soal : Komet merupakan benda langit yang memiliki ekor. Ketika bergerak mendekati matahari melalui orbitnya, ekornya selalu bertambah.... A. panjang, arah mendekati matahari B. panjang, arah menjauhi matahari C. pendek, arah menjauhi matahari D. pendek, arah mendekati matahari Kunci jawaban : B Pembahasan 24 Komet = bintang berekor. Ekor komet selalu menjauhi matahari. Ketika mendekati matahari, ekornya bertambah panjang, dan ketika menjauhi matahari, ekornya bertambah pendek. SOAL NO : 25 Kemampuan yang diuji : Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan Indikator : Disajikan gambar posisi Matahari, Bumi, dan Bulan , peserta didik dapat menjelaskan keterkaitan pasang naikdan pasang surut air laut dengan posisi Bulan. Soal : Perhatikan gambar bulan mengelilingi bumi dan bersama-sama beredar mengelilingi matahari berikut ! Peredaran bulan tersebut menyebabkan air laut pasang di bumi. Pasang minimum dan pasang maksimum terjadi ketika bulan berturut-turut berada pada titik…. A. (1), (3) dan (2), (4) B. (1), (4) dan (2), (3) C. (2), (4) dan (1), (3) D. (2), (3) dan (1), (4) Kunci jawaban : C ( 2, 4 ) dan ( 1, 3 ) Pembahasan 25 Pasang naik dan pasang surut air laut disebabkan oleh : ( 1 ) gravitasi bulan, dan ( 2 ) gravitasi matahari terhadap bumi Jika posisi bulan, matahari, dan bumi membentuk garis lurus, air laut terjadi pasang maksimum. Jika posisi bulan, matahari, dan bumi membentuk siku-siku, air laut terjadi pasang minimum. Nomor 26. Kompetensi yang di uji : Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup Indikator soal : Disajikan gambar ciri-ciri mahluk hidup, peserta didik dapat menentukan ciri yang benar Soal Nomor 26 : Perhatikan gambar berikut! A. berkembangbiak B. memerlukan makanan C. tumbuh dan berkembang D. peka terhadap rangsang Kunci Jawaban : C Pembahasan 26 Gambar urutan metamorfosis pada katak dari telur sampai dewasa merupakan ciri mahluk hidup yaitu tumbuh dan berkembang Nomor 27 Kompetensi yang di uji : Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup Indikator soal : Disajikan bebapa gabar hewan peserta didik dapat mengidentifikasi kelompok hewan tertentu Soal Nomor 27 : Perhatikan gambar berikut1 Kelompok hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah ….. A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 3 dan 4 D. 4 dan 1 Kunci Jawaban : B Pembahasan hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah kura-kura dengan ular, keduanya tergolong dalam kelompok reptilia. Nomor 28 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem Indikator soal : Disajikan bagan rantai makanan/jarring makanan peserta didik dapt menetukan akibat yang terjadi bila salah satu komponen mengalami kepunahan Soal Nomor 28 : Perhatikan jaring-jaring makanan pada ekosistem sawah berikut! Kemungkinan yang akan terjadi jika populasi tikus menurun karena diburu oleh para petani adalah... . A. populasi padi meningkat, populasi ular menurun B. populasi padi menurun, populasi elang meningkat C. populasi padi meningkat, populasi ulat menurun D. populasi elang meningkat, populasi ular menurun Kunci Jawaban : A Pembahasan Dalam jarring-jaring makanan tersebut jika tikus di populasinya menurun maka mengakibatkan gangguan dan ketidakseimbangan dalam ekosistem, dimana tanaman padi akan meningkat populasinya, sementara ular yang makananya tergantung pada tikus maka populasinya akan menurun bahkan musnah. Nomor 29 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem Indikator soal : Peserta didik dapat menentukan interaksi antar makhluk hidup (simbiosis) Soal Nomor 29 : Contoh yang menunjukkan pola interaksi antara dua mahluk hidup yang saling menguntungkan adalah …. A. ikan remora dengan ikan hiu B. bunga rafflesia dengan tanaman inang C. lebah madu dengan bunga mangga D. burung jalak dengan kerbau Kunci Jawaban : C Pembahasan : Ikan remora dengan ikan hui merupakan simbiosis komensalisme dimana ikan remora dapat makanan dari sisa-sisa ikan hiu, sementara ikan hiu tidak rugi Bunga rafflesia dengan tumbuhan inang adalah simbiosis komensalisme Lebah dengan bunga simbiosis mutualisme Burung jalak dengan kerbau simbiosis komensalisme Nomor 30 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan Indikator soal : Peserta didik dapat menjelaskan usaha manusia untuk mengurangi pencemaran Soal Nomor 30 : Usaha yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah perkotaan untuk mengurangi tingkat pencemaran udara adalah... A. membatasi penggunaan kendaraan bermotor B. menutup pabrik yang tidak bercerobong asap C. menanam pohon dipinggir jalan jalur hjau D. membuat undang-undang anti pencemaran Kunci Jawaban : C Pembahasan : Di daerah perkotaan yang tingkat pencemaran udaranya tinggi akibat asap kendaraan bermotor perlu dilakukan usaha untuk mengatasinya, salah satu usaha yang tepat dengan menanam pohon jalur hijau dan membuat taman sebagai paru-paru kota. Nomor 31 Kompetensi yang di uji : Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup Indikator soal : Disajikan gambar tumbuhan langka, peserta didik dapat menentukan usaha untuk melestarikannya Soal Nomor 31: Perhatikan gambar berikut Usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan jenis tanaman tersebut adalah …. A. membangun suaka margasatwa B. membuati kebun raya C. menyilangkan jenis tanaman tersebut D. menanfaatkan untuk hiasan Kunci Jawaban : B Pembahasan : Tanaman Rafflesia Arnoldi merupakan tanaman langka, diperlukan usaha untk melestarikannya agar keberadaannya tidak punah maka perlu di lestarikan dengan mendirikan tempat khusus seperti kebun raya Nomor 32 Kompetensi yang di uji : Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan Indikator soal : Peserta didik dapat menjelaskan dampak dari kepadatan pnduduk terhadap sumberdaya lingkungan Soal Nomor 32 : Pertumbuhan penduduk yang semakin tak terkendali memiliki dampak terhadap sumber daya alam, yaitu.... A. meningkatnya kriminalitas B. munculnya kasus kelaparan C. menipisnya sumber air bersih D. sempitnya lapangan kerja Kunci Jawaban : C Pembahasan : Dampak pertumbuhan penduduk yang tak terkendali di suatu daerah akan mengakibatkan berbagai masalah seperti : kebutuhan air bersih, masalah lahan tempat tinggal, kebutuhan udara bersih dan sebagainya. Nomor 33 Kompetensi yang di uji : Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya Indikator soal : disajikan gambar peserta didik dapat menentukan sendi dari gambar yang disajikan Soal Nomor 33: Perhatikan gambar sendi berikut! Nama sendi yang di tunjuk oleh tanda K adalah …. A. sendi engsel B. sendi peluru C. sendi pelana D. sendi putar Kunci Jawaban : A Pembahasan : Sendi yang di tunjuk adalah sendi engsel, terletak pada siku dan lutut. Sendi yang lain adalah sendi peluru terdapat pada pangkal paha dan pangkal lengan, sendi putar terletak pada tulang atlas yaitu persendian antara leher dan tengkorak kepala. Nomor 34 Kompetensi yang di uji : Menentukan jenis tulang/ sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya Indikator soal : disajikan tabel ciri-ciri otot, peserta didik dapat menentukan perbedaan otot pada manusia Soal Nomor 34 : Perhatikan ciri-ciri otot, berikut! No Otot rangka Otot polos Otot jantung 1 Bentuk silinder Bentuk gelendong Bentuk silinder bercabang 2 Berinti satu Berinti banyak Berinti banyak 3 Warna bening Warna bening Warna lurik-lurik 4 Bekerja diatur otak Bekerja tidak diatur otak Bekerja secara otonom Pada tabel di atas, yang menunjukkan perbedaan antara otot rangka, polos, dan jantung adalah nomor .... A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 3 dan 4 D. 4 dan 1 Kunci Jawaban : D Pembahasan : No Otot rangka Otot polos Otot jantung bentuk Bentuk silinder Bentuk gelendong Bentuk silinder bercabang Jimlah inti Berinti banyak Berinti 1 Berinti banyak Warna Warna lurik-lurik Warna bening Warna lurik-lurik Cara kerja Bekerja diatur otak Bekerja tidak diatur otak Bekerja secara otonom Terdapat /tempat Menempel pada rangka, maka disebut juga daging Terdapat pada saluran pencernaan, pembuluh darah, saluran ekskresi Terdapat hanya pada jantung Nomor 35 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan Indikator soal : Disajikan gambar alat pencernaan makanan, peserta didik dapat menentukan organ penghasil enzim tertentu. Soal Nomor 35 : Perhatikan gambar berikut Enzim yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor : .... A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 Kunci Jawaban : D Pembahasan : Dalam lambung dihasilkan 3 macam enzim yaitu pepsin berperan mengubah protein menjadi pepton, enzin rennin mengubah/mengendapkan casein susu dan asam klorida (HCl) berperan mengasamkan makanan dan membunuh kuman yang masuk bersama makanan. Enzim lain yang berperan mengubah protein adalah tripsin yang di hasilkan oleh pancreas, berfungsi mengubah pepton/protein menjadi asam amino Nomor 36 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya Indikator soal : Peserta didik dapat menentukan zat yang berpengaruh pada proses pembekuan darah Soal Nomor 36 : Seseorang yang kekurangan vitamin K akan mengalami kesulitan dalam proses pembekuan darahnya, sebab…. A. trombosit tidak dapat membentuk enzim trombokinase B. trombosit tidak dapat mengubah trombokinase C. fibrinogen tidak dapat membentuk fibrin D. protrombin tidak dapat membentuk trombin Kunci Jawaban : C Pembahasan : Pada proses pembekuan darah dibutuhkan mineral kalsium dan vitamin K, keduanya berfungsi membantu pengubahan fibrinogen menjadi benang-benang fibrin sehingga dapat menutup luka dan darah tidak keluar dari tubuh Nomor 37 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal) Indikator soal : Disajikan gambar nefron peserta didik dapat menentukan bagian organ yang memiliki fungsi tertentu. Soal Nomor 37 : Perhatikan gambar berikut Bagian ginjal yang berfungsi untuk filtrasi darah di tunjukkan oleh nomor …. A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 3 dan 4 D. 4 dan 1 Kunci Jawaban : A Pembahasan : Bagian ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah adalah simpai Bowmann dan Glomerolus yang terdapat pada korteks ginjal. Pada gambar nomor 1). Glomerolus, 2). Sipmai Bowmann, 3).anteri ginjal dan 4) adalah tubulus halus Nomor 38 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan sistem saraf pada manusia Indikator soal : Disajikan data, peserta didik dapat menentukan urutan gerak refleks Soal Nomor 38 : Perhatikan nama-nama organ berikut! 1. otot 2. sumsum tulang belakang 3. saraf motorik 4. pusat saraf 5. alat indera 6. saraf sensorik Urutan gerak refleks adalah … . A. 6  5  1  3  2 B. 6 4  2  1  3 C. 5  3  4  6  1 D. 5  6  2  3  1 Kunci Jawaban : D Pembahasan : Gerak refleks adalah gerak yang tidak disadari oleh otak, sedangkan gerak sadar/normal adalah gerak yang disadari oleh otak Urutan gerak reflex : rangsang diterima oleh alat indra diteruskan ke saraf sensorik kemudian ke konektor (sumsum tulang belakang) terus ke saraf motorik terus ke otot Rangsang → indra → saraf sensorik → konektor (sumsum tulang belakang) → saraf motorik → otot Urutan gerak normal/gerak sadar Rangsang → indra → saraf sensorik → konektor →otak → saraf motorik → otot Nomor 39 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan Indikator soal : Disajikan gambar penampang melintang batang, peserta didik dapat menentukan bagian jaringan dengan fungsi tertentu Soal Nomor 39 : Perhatikan gambar penampang melintang batang dikotil berikut! Fungsi bagian yang bertanda X adalah mengangkut …. A. air dari tanah ke seluruh tubuh tumbuhan B. hasil fotosintesis dari seluruh tubuh tumbuhan C. oksigen dari batang ke seluruh tubuh tumbuhan D. karbondioksida ke seluruh organ daun Kunci Jawaban : B Pembahasan : Jaringan yang di tunjuk adalah pembuluh tapis atau floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Jaringan lain adalah pembuluh tapis merfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari dalam tanah ke daun. Nomor 40 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar Indikator soal : Disajikan tabel, peserta didik dapat nenentukan hubungan antara jenis rangsang tumbuhan dan arah gerak Soal Nomor 40 : Perhatikan tabel berikut! No Bagian tanaman Jenis rangsangan Arah gerak 1 Ujung tanaman Cahaya matahari Menghindari matahari 2 Ujung akar Gaya tarik bumi Ke arah pusat bumi 3 Sulur tanaman Sentuhan Membelit pada dahan 4 Daun putri malu Sentuhan Daun akan menutup Dari tabel di atas, bagian tanaman yang sesuai dengan jenis rangsang dan arah geraknya adalah . . . . A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 2 dan 4 D. 3 dan 4 Kunci Jawaban : C Pembahasan : Gerak yang benar pada tabel adalah gerak ujng akar menuju kea rah pusat bumi disebut gerak geotropism, dan gerak daun putrid malu yang disentuh akan menutup disebut gerak tigmonasti/seismonanti Nomor 41 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar Indikator soal : Disajikan gambar tumbuhan, peserta didik dapat menentukan contoh gerak yang dipengaruhi datangnya rangsang Soal Nomor 41`: Perhatikan gambar berikut! Peristiwa yang ditunjukkan oleh perubahan dari gambar 1 ke 2 adalah …. A. menutupnya daun putri malu karena layu B. menutupnya daun putri malu akibat iritabilitas C. akibat kekurangan air dari dalam tanah D. karena suhu lingkungan lembab Kunci Jawaban : B Pembahasan : Gerak yang benar pada tabel adalah gerak ujng akar menuju kea rah pusat bumi disebut gerak geotropism, dan gerak daun putrid malu yang disentuh akan menutup disebut gerak tigmonasti/seismonanti Nomor 42 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan percobaan tentang proses tersebut Indikator soal : Disajikan gambar percobaan fotosintesis, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan tersebut Soal : Perhatikan gambar proses fotosintesis berikut! Gambar percobaan di atas menunjukkan bukti bahwa fotosintesis .... A. menghasilkan amilum B. menghasilkan oksigen C. memerlukan oksigen dan air D. memerlukan air dan amilum Kunci Jawaban : B Pembahasan : Dalam proses fotosintesis selain dihasilkan zat makanan berupa glukosa/amilum maka dihasilkan oksigen. Rekasi kimia fotosintesis : Nomor 43 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya Indikator soal : Peserta didik dapat menjelaskan tingkah laku mahluk hidup dalam menghadapi bahaya Soal Nomor 43 : Dalam keadaan bahaya, cecak akan mengelabui musuhnya dengan cara …. A. mengubah warna tubuhnya B. memutuskan ekornya C. mengeluarkan cairan D. mengeluarkan bau Kunci Jawaban : B Pembahasan : Dalam kondisi berbahaya maka cecak mengorbankan ekornya untuk diputuskan, peristiwa ini merupakan cara adaptasi tingkah laku yang disebut ototomi, sementara hewan lain seperti bunglon dengan cara mengubah warna tubuhnya., cumi-cumi dengan cara menyemprotkan tinta hitan. Nomor 44 Kompetensi yang di uji : Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel Indikator soal : Disajikan contoh pesilangan dihibrida, peserta didik dapat menentukan jumlah/perbandingan fenotip pada F-2 Soal Nomor 44 : Tanaman mangga berbuah besar dan berasa asam ( BBmm ) disilangkan dengan mangga yang berbuah kecil dan berasa manis (bbMM) menghasilkan F1 (BbMm) dengan fenotip buah besar rasa manis . Jika F1 disilangkan sesamanya, perbandingnan buah mangga yang besar dan berrasa manis adalah ... A. 1/ 16 B. 2/ 16 C. 3/ 16 D. 9/ 16 Kunci Jawaban : D Pembahasan : P1. : Besar, asam x Kecil, manis (BBmm) (bbMM) Gamet: Bm bM F1 : BbMm Besar,Manis 100% P2 : Besar Manis x Besar Manis (BbMm) (BbMm) Gamet : BM BM Bm Bm bM bM bm bm F2 : Keturunan kedua adalah : BM Bm bM bm BM BBMM BBMm BbMM BbMm Bm BBMm BBmm BbMm Bbmm bM BbMM BbMm bbMM bbMm bm BbMm Bbmm bbMm bbmm Perbandingan fenotip dan Genotip pada F2 adalah sbb : Perbandingan Genotip : BBMM : BBMm : BbMM : BbMm : BBmm : Bbmm : bbMM : bb Mm : bbmm. 1 : 2 : 2 : 4 : 1 : 2 : 1 : 2 : 1 Perbandingan Fenotip : Besar Manis : 9 Besar Asam : 3 Kecil Manis : 3 Kecil Asam : 1 Nomor 45 Kompetensi yang di uji : Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel Indikator soal : disajikan hasil persilangan monohibrida, peserta didik dapat menentukan rasio genotip induknya Soal Nomor 45 : Tumbuhan Mirabilis jalapa berbunga merah (MM) disilangkan dengan yang berbunga putih (mm). Keturunan pertamanya (F1) menghasilkan tumbuhan dengan perbandingan fenotip merah : putih = 1 : 1, maka genotip induknya adalah …. A. MM B. mm C. Mm D. mM Kunci Jawaban : C Pembahasan : P1. : merah x putih (Mm) (mm) Gamet: M m m m F1. Keturunan kedua adalah m m M Mm Mm m mm mm Perbandingan Genotif : Mm : mm 2 2 Nomor 46 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya Indikator soal : peserta didik dapat menentukan salah satu cara teknologi rreproduksi inseminasi buatan Soal Nomor 46 : Untuk mendapatkan keturunan sapi yang unggul, seorang dokter hewan memasukkan spermatozoid sapi unggul ke dalam rahim sapi betina. Proses yang dilakukan oleh dokter tersebut disebut.... A. kloning B. bayi tabung C. inseminasi buatan D. transplantasi inti Kunci Jawaban : C Pembahasan : Salah satu teknologi reproduksi untuk mendapatkan bibit unggul dan keturunan yang baik adalah dengan cara kawin suntik/inseminasi buatan, misalnya pada sapi. Selain itu bisa juga di lakukan dengan cara kloning Nomor 47 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia Indikator soal : Peserta didik dapat menentukan mikroorganisme yang dimanfaatkan dalam pembuatan salah satu jenis makanan Soal Nomor47 : Bakteri yang yang membantu perubahan singkong menjadi tape adalah .... A. Rizhopus, sp B. Lactobacillus ,sp C. Acetobacter xylinum D. Saccharomyces cereviceae Kunci Jawaban : D Pembahasan : Bioteknologi konvensional sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, salah satunya adalah pembuatan tape dengan batuan ragi (Saccaromyces cereviceae), pembuatan tempe dengan bantuan jamur Rizhopus sp, untuk membuat yogurt dibantu oleh Lactobacillus ,sp. Sementara untuk membuat nata di coco dengan bantuan Acetobacter xylinum Nomor 48 Kompetensi yang di uji : Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan Indikator soal : peserta didik dapat menentukan zat aditif makanan untuk tujuan tertentu Soal Nomor 48 : Bahan makanan berikut yang termasuk jenis penyedap rasa adalah … A. Aspartam, sakarin, MSG B. isoamil asetat, etil butirat, MSG C. metil anthranilat, vesin, aspartame D. natirum benzoate, MSG, karamel Kunci Jawaban : B Pembahasan : Zat aditif alami untuk makanan Pewarna : Antosianian : memberikan warna oranye, merah dan biru. Contoh : anggur, strobery, rasberi, bunga Karotinoid : memberikan warna kuning, oranye dan merah Contoh : wortel, tomat, cabai, daun jati, daun jambu biji Klorofil memberikan warna hijau contoh : daun suji, katuk, dan pandan Kurkumin : memberikan warna kuning. Contoh kunyit Pengawet : pengawet makanan alamin digunakan bahan dengan dosisi tinggi seperti pengasinan, pemanisan, pengasapan, pangasaman, dsb. Contoh pengawet buatan : asam benzoate, asam asetat, asam propionate, asam sorbet Pemanis : aspartame, siklamat dan sakarin Penyedap alami : bawang merah, bawang putih, pandan wangi, Penyedap buatan : monosodium glutamate (MSG) / vitsin, isoamil asetat, etil butirat Nomor 49 Kompetensi yang di uji : Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organism disertai dengan contohnya Indikator soal : peserta didik dapat menentukan contoh rekayasa reproduksi untuk meningkatkan kualitas mahluk hidup Soal Nomor 49 : Rekayasa reproduksi yang dilakukan manusia untuk mengubah urutan informasi genetik di dalam kromosom organisme adalah …. A. transgenik B. kultur jaringan C. inseminasi buatan D. bayi tabung Kunci Jawaban : A Pembahasan : Kultur jaringan atau in vitro atau mikropropagasi adalah cara menanam dan memelihara sel atau jaringan dari tumbuhan atau hewan yang di sebut eksplan secara aseptik (suci hama) pada suatu medium yang cocok dan dalam keadaan steril Inseminasi buatan, adalah proses memasukkan spermatozoid hewan jantan ke dalam tubuh hewan betina yang dilakukan dengan bantuan alat tertentu (“alat suntik”). Oleh karena itu, inseminasi buatan sering disebut dengan kawin suntik. Rekayasa reproduksi inseminasi buatan sering dilakukan pada hewan ternak seperti sapi dan lembu. Bayi tabung dilakukan dengan cara mencampurkan spermatozoa dan sel telur di luar tubuh (invitro) sehingga terjadi pembuahan. Sel telur yang telah mengalami pembuahan, akan berkembang sampai pada fase tertentu, selanjutnya di transplantasikan (dicangkokkan) ke dalam rahim induknya atau induk pengganti, manakala induk aslinya tidak sanggup mengandung anaknya. Kloning berarti “menciptakan” suatu kelompok makhluk hidup yang memiliki materi genetik persis sama dengan makhluk hidup lainnya, misalnya ketela pohon dan tebu. Rekayasa genetika adalah mengubah faktor keturunan (gen) untuk mendapatkan sifat baru. Pengubahan gen dapat dilakukan melalui transfer inti, fusi sel, dan rekombinasi DNA. Rekombinasi DNA, Rekombinasi DNA adalah pemutusan dan penyambungan DNA. DNA mengandung gen yang mengendalikan sifat individu Organisme transgenik adalah organisme yang telah diubah urutan informasi genetik di dalam kromosomnya. Susunan materi genetik, diubah dengan jalan menyisipkan gen baru yang unggul ke dalam kromosomnya Nomor 50 Kompetensi yang di uji : Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita Indikator soal : Disajikan data ciri-ciri pengaruh zat adiktif bagi kesehatan, peserta didik dapat menentukan ciri yang di timbulkan oleh zat adiktif tertentu. Soal Nomor 50 : Ciri-ciri korban ketergantungan narkotika: 1) merasa rileks 2) pupil mata menyempit 3) tekanan darah menurun 4) denyut urat nadi melambat 5) menimbulkan rasa gembira berlebihan Diantara ciri-ciri di atas, yang merupakan ciri pengguna heroin adalah .... A. 1, 2, dan 3 B. 2, 3, dan 4 C. 3, 4, dan 5 D. 4, 5, dan 1 Kunci Jawaban : B Pembahasan : Opium merupakan narkotika dari golongan opioida, dikenal juga dengan sebutan candu, morfin, heroin, dan putau. Opium diambil dari getah buah mentah Pavaper sommiverum Heroin merupakan senyawa turunan (hasil sintesis) dari morfin yang dikenal dengan sebutan putau atau kodein. Penggunaannya yang menyalahi aturan dapat menimbulkan rasa sering mengantuk, perasaan gembira berlebihan, banyak berbicara sendiri, kecenderungan untuk melakukan kerusuhan, merasakan nafas berat dan lemah, ukuran pupil mata mengecil, mual, susah buang air besar, dan sulit berpikir. Jika pemakaian obat ini diputus, akan timbul hal-hal berikut: sering menguap, kepala terasa berat, mata basah, hidung berair, hilang nafsu makan, lekas lelah, badan menggigil, dan kejang-kejang. Jika pemakaiannya melebihi dosis atau overdosis, akan menimbulkan hal-hal berikut: tertawa tidak wajar, kulit lembap, napas pendek tersenggal-senggal, dan dapat mengakibatkan kematian. Efek yang dapat ditimbulkan karena pemakaian narkotika antara lain sebagai berikut. 1. Sedatif atau menghilangkan rasa nyeri. 2. Analgesik atau membius. 3. Depresan atau menenangkan. 4. Stimulan atau merangsang. 5. Euphoria atau menyenangkan. 6. Halusinogen atau menimbulkan khayalan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG 7 K DAN PELAKSANAANNYA

TUGAS PERSONIL SEKOLAH

PEMHASAN KUNCI UN IPA PAKET :C4-44 JAKARTA BARAT